Kolaboraksi Relawan Nasional 2022 Mendorong Kemahiran Komunitas dalam Merespons Bencana

26 Maret 2022, 03:55 WIB
Disaster Management Center (DMC) dan Dompet Dhuafa mengggelar latihan gabungan bertajuk /Ahyar/ARAHKATA

ARAHKATA - Latihan gabungan Kolaboraksi Relawan Nasional 2022 bertajuk "Ketangguhan Relawan Membangun Negeri" digelar Disaster Management Center (DMC) dan Dompet Dhuafa selama 3 hari, mulai dari hari Jum'at hingga Minggu secara nasional di Hopeland Camp, Jawa Barat.

Direktur Dakwah, Budaya dan Pelayanan Masyarakat Dompet Dhuafa, Ahmad Shonhaji mengatakan, kegiatan Kolaboraksi Relawan Nasional 2022 ini diikuti oleh 170 peserta dari berbagai komunitas.

Kolaboraksi ini juga menjadi salah satu upaya DMC dan Dompet Duafa dalam membangun sinergi antara komunitas penyintas bencana.

Baca Juga: Jawa Timur Bentuk Desa Tangguh Bencana

Sehingga diharapkan kedepannya menjadi sambung rantai, satu paguyuban yang tetap terjaga dalam memberikan pertolongan diberbagai medan-medan aksi bencana.

"Kenapa, karena medan bencana inikan situasinya bukan situasi normal, dalam keadaan tidak normal bagaimana kita menormalkan komunitas ini menjadi satu gerak bersama", kata Ahmad Shonhaji disela-sela kegiatan yang berlangsung di Cijeruk Kabupaten Bogor, Jum'at 25 Maret 2022.

Ahmad Shonhaji menjelaskan, dalam kegiatan ini, para relawan akan dilatih secara gabungan serta akan mendapatkan penilaian.

Baca Juga: Kota Bandung Raih Penghargaan Penanganan Kebakaran dan Penanggulangan Bencana

"Jadi bagaimana teman-teman komunitas dapat mengekspresikan keahlian dan skil masing-masing dalam pengelolaan bencana, baik water rescue kemudian navigasi, first aid dan manajemen bencana, jadi ada 7 model yang kita lakukan dalam latihan gabungan penilaian ini", jelas Shonhaji.

Editor: Agnes Aflianto

Tags

Terkini

Terpopuler