Curhat KPU ke DPR: 40 Orang Pegawai KPU Terpapar Covid-19

- 19 Januari 2021, 22:43 WIB
Ilustrasi zona merah Covid-19.
Ilustrasi zona merah Covid-19. /Arahkata

ARAHKATA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) tengah menggelar Rapat Evaluasi Pelaksanaan Pilkada 2020 yang sudah terlaksana pada 9 Desember 2020 lalu dengan Komisi II DPR, Kementrian Dalam Negeri, Bawaslu dan DKPP.

Pada saat rapat evaluasi tersebut dimanfaatkan KPU menjadi ajang curhat keseriusan KPU RI sebagai penyelenggara Pilkada 2020. Salah satunya ditandai dengan penyebaran Covid-19 di instansinya cukup serius sampai menumbangkan 40 orang pegawainya terpapar virus Covid-19.

Wakil Ketua KPU RI Ilham Saputra kemudian menyampaikan kabar duka yang pernah dialami pihaknya dihadapan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Komisi II DPR selaku mitra KPU, dan pihak lain terkait.

Baca Juga: Sembuh Covid-19, Menko Perekonomian Airlangga Hartanto Melirik Sumbang Plasma Darah

"Ini ada total komisoner 40 orang. Alhamdulillah Pak Arif, Pak Pram segera sehat. Saat ini Pak Viryan sedang di isolasi. Mohon doanya semua," kata Ilham Saputra di Kompleks MPR/DPR, Selasa, 19 Januari 2021.

Ilham menambahkan bahwa selama pelaksanaan Pilkada 2020 kemarin pihaknya juga menerima laporan terkait anggota lainnya yang terpapar Covid-19. Padahal pihak-pihak ini merupakan pihak penting dalam upaya menyukseskan Pilkada 2020.

"Kami juga mendengar kabar bahwa ASN ada di atas 36 orang (terkena Covid). Tenaga ahli, tenaga pendukung, dan tenaga operator juga kena (Covid-19) 47 orang. Panitia Adhoc 2020 yang kami terima 36 orang dan pegawai lainnya 26 orang juga kena Covid-19,"ujar Ilham Saputra.

Baca Juga: Jubir Menko Perekonomian Beberkan Airlangga Hartanto Saat Terkena Covid-19

Curhat Ilham Saputra lainnya yang diungkapkan adalah kendala lainnya yang dialami pihaknya adalah kecelakaan bekerja di tingkat pusat maupun di tingkat Kabupaten/Kota, sampai di tingkat TPS langsung yang menggelar Pilkada.

Termasuk juga didalamnya pegawai KPU di Pusat maupun di Provinsi dan Kabupaten'Kota yang mengalami sakit dan wajib dirawat inap.

Di hadapan mitra kerjanya KPU berharap adanya apresiasi bagi semua pihak yang sudah mengorbankan waktu dan tenaganya sebagai upaya menunjukan dedikasi pada pelaksanaan Pilkada Serentak 2020.

Baca Juga: Petugas Kesehatan Bantu Korban Bencana Gempa Bumi Sulawesi Barat

"Untuk PPK ada 31 orang. PPS 34 orang. KPPS 27 orang. PPDB ada 11 orang. Ini untuk yang sakit rawat jalan. Kemuian untuk rawat inap ada 42 orang. Kemudian yang meninggal dunia ada 41 oang," ucap Ilham menerangkan.***

Editor: Ahmad Ahyar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x