Wali Kota Bekasi Minta ASN Penyintas Covid 19 Donor Plasma

- 11 Februari 2021, 17:46 WIB
Wali Kota Bekasi, Rahmat Efendi
Wali Kota Bekasi, Rahmat Efendi /ARAH KATA/ISTIMEWA

ARAHKATA- Wali Kota Bekasi, Rahmat Efendi meminta kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk mendonasikan plasma konvalesen bagi yang pernah terpapar Covid-19.

Pernyataan tersebut disampaikan pada saat memantau Stadion Patriot Candrabhaga Kota Bekasi pada, 11 Februari 2021.

Rahmat mengatakan telah terdata ada sebanyak 5.000 ASN yang memenuhi kriteria untuk menjadi donor plasma konvalesen.\

Baca Juga: Tinggi Permintaan, 410 Plasma Konvalesen Didistribusikan PMI Kota Tangerang

"Kan ada 26.000-an yang terindentifikasi terdaftar sebagai terpapar, 5.000 orang yang memenuhi kriteria itu ya kami itu imbau (jadi donor plasma konvalesen)," katanya.

Diketahui, untuk satu orang yang menyumbangkan berisi sebanyak 600 cc bisa untuk mendonasikan kepada tiga pasien yang terkena Covid-19 dan masih dalam pemulihan.

Jika, 5000 ASN membantu dalam menyumbangkan plasma konvalesen berarti 15.000 pasien bisa mendapatkan donasi plasma tersebut.

Rahmat menyebutkan bahwa tidak semua ASN Kota Bekasi mau mendonasikan plasma konvalesen atau darahnya."Ada yang memenuhi (persyaratan), tapi enggak mau (jadi donor). Ada yang mau, tapi enggak terpenuhi persyaratannya," lanjutnya.

Selain itu, dirinya juga memberitahukan bahwa ada kendala yang di miliki daerah Kota Bekasi saat ini dalam proses pengambilan plasma konvalesen yaitu hanya memiliki satu alat saja. Jadi, sangat membutuhkan waktu selama tiga jam lamanya dalam proses donasi.

Halaman:

Editor: Agnes Aflianto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x