Jokowi Resmikan Bendungan Napun Gete Senilai 880 Miliar

- 24 Februari 2021, 12:29 WIB
Presiden Jokowi ketika meresmikan Bendungan Napun Gete, Kabupaten Sikka, Provinsi NTT
Presiden Jokowi ketika meresmikan Bendungan Napun Gete, Kabupaten Sikka, Provinsi NTT /ARAHKATA/Foto : Kurniawan/Penrem

ARAHKATA – Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) juga meresmikan bendungan yang dibangun dengan anggaran Rp 880 miliar di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) pada, 23 Februari 2021.

Dilansir Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia dalam laman setneg.go.id. Bendungan tersebut bernama Bendungan Napun Gete yang merupakan salah satu dari tujuh bendungan yang dibangun telah siap di operasikan.

Presiden Jokowi mengatakan bahwa dalam tiap kunjungannya ke NTT, satu hal yang selalu dimintakan ialah mengenai pembangunan bendungan. Namun, Presiden amat memahami hal itu karena memang kunci kemakmuran NTT terletak pada bagaimana pengairan mampu dialirkan ke persawahan dan peternakan setempat melalui bendungan-bendungan yang ada.

Baca Juga: Jokowi Bangun Lumbung Pangan di Sumba Tengah

"Saya sudah tidak bisa menghitung lagi berapa kali saya datang ke NTT. Setiap saya datang ke NTT, awal-awal, selalu yang diminta adalah bendungan. Permintaan itu adalah betul. Jangan minta yang lain-lain karena kunci kemakmuran di NTT ini adalah air. Begitu ada air, semua bisa ditanam, tanaman tumbuh, buahnya diambil, daunnya bisa dipakai untuk peternakan karena di NTT ini juga sangat bagus untuk sektor peternakan," ujarnya saat menyampaikan sambutan peresmian.

Saat ini tiga bendungan telah selesai pembangunannya diantaranya Raknamo di Kupang Tahun 2018 dan Rotiklot di Belu Tahun 2019 disusul dengan Bendungan Napun Gete Tahun 2021.

"Tinggal empat dalam proses. Tapi tadi pagi Gubernur menyampaikan pada saya minta tambahan dua lagi. Padahal provinsi yang lain paling banyak itu dua atau satu. Tapi yang memang di sini bendungan sangat dibutuhkan," imbuh Presiden.

Baca Juga: Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Tukul Pacitan Jawa Timur

Salah satu program prioritas pemerintah dan termasuk dalam proyek strategis nasional berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 109 Tahun 2020 adalah Bendungan Napun Gete yang telah diresmikan Presiden Jokowi dan memiliki kapasitas tamping hingga 11,22 juta meter kubik dengan luas genangan mencapai 99,78 hektar.

Halaman:

Editor: Agnes Aflianto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x