Fenomena Hari Tanpa Bayangan di Indonesia, Catat Tanggalnya!

- 26 Februari 2021, 23:08 WIB
Fenomena hari tanpa bayangan di Bali
Fenomena hari tanpa bayangan di Bali /Instagram.com/@bmkgbali

ARAHKATA - Sebagian wilayah di Indonesia akan mengalami fenomena hari tanpa bayangan. Fenomena ini terjadi di beberapa daerah yaitu, di Provinsi Bali dan Nusa Tenggara Barat.

Hari tanpa bayangan adalah fenomena ketika matahari tepat berada di posisi paling tinggi di langit. Fenomena ini juga bisa disebut sebagai kulminasi atau transit.

"Pada saat itu, matahari akan tepat berada di atas kepala pengamat atau di titik zenit. Akibatnya bayangan benda tegak akan terlihat 'menghilang', karena bertumpuk dengan benda itu sendiri. Karena itu, hari kulminasi utama dikenal juga sebagai hari tanpa bayangan," tulis BMKG dalam situs resminya.

Baca Juga: Kabar Wartawan Terkapar Usai Divaksin, Hoax!

Karena posisi Indonesia berada di sekitar ekuator, kulminasi utama atau hari tanpa bayangan di Indonesia akan terjadi dua kali dalam setahun, dan waktunya pun tidak jauh saat matahari berada di khatulistiwa.

Fenomena ini terjadi karena bidang rotasi Bumi tidak tepat berimpit dengan bidang revolusi Bumi, sehingga posisi matahari dari Bumi akan terus berubah sepanjang tahun antara 23,5 derajat LU sampai dengan 23,5 derajat LS. Hal ini disebut sebagai gerak semu harian matahari.

Baca Juga: Demokrat Mojokerto Tak Terpengaruh Isu KLB Gulingkan AHY

Kulminasi utama secara umum tahun 2021 di Indonesia terjadi antara 20 Februari 2021 di Baa, Nusa Tenggara Timur hingga 4 April 2021 di Sabang, Aceh, dan 7 September 2021 di Sabang, Aceh hingga 21 Oktober 2021 di Baa, Nusa Tenggara Timur.

Pada tanggal 26, 27, dan 28 Februari, fenomena hari tanpa bayangan bisa diamati oleh masyarakat yang tinggal di Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur dan Yogyakarta.

Namun, untuk masyarakat Jakarta, fenomena ini bisa diamati pada 4 Maret 2021 dengan kulminasi utama yang terjadi pada pukul 12.04 WIB. Hari tanpa bayangan ini juga bisa dinikmati kembali pada 9 Oktober 2021 dengan kulminasi utama pukul 11.40 WIB.***

Editor: Agnes Aflianto

Sumber: BMKG


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x