Bansos 2021 Turun, Begini Cara Daftar di dtks.kemensos.go.id

- 28 Februari 2021, 09:08 WIB
Bansos BST Kemensos Rp300 ribu Tahap 2 bulan Februari 2021 sudah cair.
Bansos BST Kemensos Rp300 ribu Tahap 2 bulan Februari 2021 sudah cair. /Instagram.com/@kemensosri/

ARAHKATA – Pemerintah melalui Kementerian Sosial (Kemensos) kembali menyalurkan Bantuan Sosial (Bansos) berupa Bansos Tunai (BST) dan Bansos Pangan (BSP) untuk periode Maret 2021 secara bertahap.

Penyaluran untuk BST 2021 akan di berikan secara bertahap di setiap bulannya yakni mulai dari Januari hingga April 2021 dengan besaran Rp 300.000 perbulan. Sehingga per Keluarga Penerima Manfaat (KPM) akan menerima bantuan dari Pemerintah selama empat bulan dengan total mencapai Rp1,2 juta.

Sedangkan penyaluran untuk BST/BPNT 2021 diberikan secara bertahap di setiap bulannya yakni mulai dari Januari hingga Desember 2021 dengan besaran Rp 200.000. Sehingga per KPM akan menerima bantuan dari Pemerintah selama satu tahun dengan total mencapai Rp 2,4 juta.

Baca Juga: Pantesan Gagal Mulu, Begini Toh Rahasia Bansos Bisa Cair...

Masyarakat bisa mendapatkan dua Bansos Maret 2021 tersebut dengan mendaftarkan diri sebagai peserta KPM melalui Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos.

Dengan beberapa syarat pendaftaran KPM DTKS yang harus dilakukan masyarakat untuk mendapatkan Bansos Maret 2021 sebagai berikut.

1. Warga miskin/rentan miskin.
2. Bukan anggota Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI, Polri.
3. Untuk BST, pastikan Anda warga terdampak Covid-19 atau kehilangan mata pencaharian karena pemutusan hubungan kerja (PHK).

Setelah itu, masyarakat bisa melakukan pendaftaran diri sebagai peserta KPM DTKS Kemensos dengan cara berikut ini.

1. Tidak ada pendaftaran secara online. Lakukan pendaftaran peserta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) ke aparat pemerintah daerah setempat seperti RT/RW atau ke kantor kelurahan/desa.

Halaman:

Editor: Agnes Aflianto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x