Dua Pilot Susi Air Disandera KKB Papua Berhasil Diselamatkan

- 13 Maret 2021, 22:49 WIB
Pesawat Susi Air yang disandera dan diancam anggota KKB.
Pesawat Susi Air yang disandera dan diancam anggota KKB. /PMJ News/TNI

ARAHKATA - Kedua pilot dari maskapai penerbangan Susi Air disandera oleh kelompok separatis bersenjata KSB atau kelompok kriminal bersenjata KKB di Kabupaten Puncak Papua Jumat 12 Maret kemarin berhasil diselamatkan.

Pilot yang tercatat sebagai pegawai PT Asi Pudjiastuti Aviation (Pilatus PC-6-S1-9364 PKBVY) ini berhasil di sandera saat mengendarai pesawat terbang di lapangan terbang wangbe distrik wangbe Kabupaten Puncak.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala penerbangan Kapten Kogabwilhan III, Kolonel Czi IGN Suriastawa dalam rilis yang diterima Sabtu, 13 Maret 2021.

"Kami telah mendapat laporan informasi adanya penyanderaan pesawat selama 2 jam di lapangan terbang Wangbe, Kabupaten Puncak. Namun panyanderaan berakhir setelah negosiasi," kata Kapten Kogabwilhan III, Kolonel Czi IGN Suriastawa.

Baca Juga: Taman dan Hutan Kota di Jakarta Sudah Dibuka, Catat Aturannya!

Suriastawa menerangkan penyanderaan berakhir setelah negosiasi antara 3 orang penumpang dengan pihak KSB.

Penumpang meminta agar KSB tidak mengganggu arus perjalanan jalur udara di Timika. Beruntung negosiasi tersebut tidak menimbulkan korban jiwa.

Negosiasi sengit itu terjadi sekitar pukul 08.36 WIT. Saat itu pesawat Susi Air PKBVY yang take off menuju Terminal UPT Bandara Moses Kilangin Timika dan mendarat dengan aman.

"Meskipun tidak terjadi korban namun Kejadian ini menunjukkan aksi teror KSB di wilayah Papua termasuk teror terhadap aktivitas penerbangan sipil dan kami selalu berkoordinasi dengan pihak Kepolisian," tutur Kolonel Czi IGN Suriastawa.

Mengenai kronologi kejadian saat itu 2 pilot pesawat maskapai Susi R beserta 3 orang penumpang di sandera 30 orang anggota kelompok separatis bersenjata KSB atau kelompok kriminal bersenjata KKB di Kabupaten Puncak Papua.

Halaman:

Editor: Agnes Aflianto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x