DPR-RI Soroti Penerapan Teknologi Mitigasi Kebencanaan di Indonesia

- 12 April 2021, 19:14 WIB
ilustrasi gempa bumi.
ilustrasi gempa bumi. /

ARAHKATA - Teknologi penerapan mitigasi kebencanaan nasional disorot Wakil Ketua DPR RI M. Azis Syamsuddin. Hal tersebut dinilainya perlu dilakukan guna meminimalisir dampak bencana alam yang sewaktu - waktu dapat terjadi.

Dikutip dari halaman dpr.go.id, Wakil Ketua DPR RI M. Azis Syamsuddin menjelaskan, mitigasi bencana sebagai poin penting perlu segera disikapi oleh otoritas terkait.

Langkah tersebut harus segera mulai diterapkan pemerintah daerah (pemda) sebagai antisipasi dini.

Baca Juga: Bantuan Bencana NTT Mulai Diterbangkan dari Soetta

Kondisi tersebut, berkaca dari bencana alam yang terjadi di Nusa Tenggara Timur maupun musibah gempa di Kabupaten Malang, Jawa Timur, beberapa waktu yang lalu.

Selain mitigasi bencana, Azis berharap langkah ini diimbangi dengan sistem informasi peringatan dini bencana yang mudah diakses masyarakat khususnya di daerah pegunungan dan pesisir pantai.

"Mitigasi dan sistem peringatan dini yang mengedepankan teknologi digital sudah menjadi keharusan. Penerapan ini penting disosialisasi ke masyarakat," terang Azis dalam keterangan persnya, Minggu 11 April 2021 lalu.

Baca Juga: Bencana Longsor dan Banjir Bandang, Lembata Tetapkan Status Tanggap Darurat

Azis mengatakan, berdasarkan riset Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pascabencana di Adonara, NTT, masyarakat yang selamat dari musibah bencana disebabkan karena memperoleh nformasi dari grup media sosial WhatsApp.

Halaman:

Editor: Ahmad Ahyar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x