Pemkab Siap Tanggung Iuran BPJS Ratusan Ribu Warga Sidoarjo

- 9 Mei 2021, 19:17 WIB
Bupati Sidoarjo, Ahmad Muhdlor
Bupati Sidoarjo, Ahmad Muhdlor /Wachid/AKURATNEWS

ARAHKATA - Awalnya, program prioritas Pemkab Sidoarjo berupa universal health caverage (UHC), yakni menanggung iuran bulanan ratusan ribu warga Sidoarjo yang baru tercatat menjadi peserta BPJS kesehatan kelas III akan di-launching pertengahan April 2021.

Namun, launching program tersebut mendadak mengalami penundaan. Alasannya, MoU UHC itu baru ditandatangani April. Sehingga, program BPJS gratis ini dipastikan terealisasi Mei 2021.

Hal itu terungkap ketika Bupati Sidoarjo, Ahmad Muhdlor, didampingi Ketua DPRD, Usman saat menjawab pertanyaan awak media usai rapat paripurna DPRD, Rabu 5 Mei 2021 lalu.

Baca Juga: Dibuka Enam Hari, 65 Pelamar Direksi PDAM Delta Tirta Sidoarjo

"MoU UHC baru April diteken. Kita pastikan Mei ini terealisasi, tapi kita masih menunggu waktu yang tepat. Sebenarnya, yang punya kepentingan program BPJS gratis ini legislatif, guna menaikkan angka 'electoral' mereka di dapilnya. Jadi, bukan hanya kepentingan eksekutif saja," tandas Bupati Muhdlor.

Menurut informasi yang berhasil dihimpun Akuratnews.com dari berbagai sumber, Pemkab Sidoarjo telah menganggarkan dana sebesar Rp14 miliar perbulan untuk program UHC itu.

Sedangkan, masyarakat Sidoarjo yang ditanggung Pemkab itu mereka yang belum terdaftar sebagai peserta BPJS kesehatan kelas III dan total jumlahnya 104 ribu jiwa.***

Editor: Ahmad Ahyar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x