Kemenhub Resmikan Kereta Api Bandara Yogyakarta Internasional Airport

- 28 Agustus 2021, 15:21 WIB
Kementerian Perhubungan melakukan Soft Launching KA Bandara Yogyakarta Internasional Airport (KA Bandara YIA)
Kementerian Perhubungan melakukan Soft Launching KA Bandara Yogyakarta Internasional Airport (KA Bandara YIA) /instagram @ditjenperkeretaapian

ARAHKATA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melakukan soft launching pengoperasian Kereta Api Bandara Yogyakarta Internasional Airport (KA Bandara YIA) pada Jumat 27 di Stasiun Kulonprogo, Yogyakarta.

Soft launching tersebut dihadiri langsung oleh Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi (Menkomarvest) Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo dan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X.

Budi Karya Sumadi mengatakan, meski ditengah pandemi kemenhub tetap berkomitmen untuk terus menyeksa pembangunan infrastruktur transportasi.

Baca Juga: Remaja Pelaku Peretasan Web Setkab Dilepaskan, Orangtua Dilibatkan

"Sesuai visi misi presiden yang harus kita laksanakan bahwa di masa pandemi ini kita tetap bergerak menyelesaikan pembangunan infrastruktur transportasi,” ujar Budi.

Selain itu, Luhut menuturkan kehadiran KA Bandara ini diharapkan dapat membantu meningkatkan perekonomian dan aksesibilitas masyarakat.

KA Bandara ini akan mulai beroperasi secara komersial pada bulan September 2021 yang nantinya akan mampu mempersingkat waktu tempuh dari Yogyakarta menuju Bandara YIA menjadi 40 menit.

Baca Juga: Terowongan Silaturahmi Istiqlal-Katedral Akan Rampung September 2021

Tidak hanya itu saja, tarif awal KA Bandara ini akan disubsidi melulu skema public service obligation sebagai bentuk kehadiran dalam melayani angkutan massal masyarakat.***

Editor: Tia Martiana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x