LSB dan YSI Soroti Soal KM Logistik Nusantara 4 yang Mati Mesin Ditengah Laut

- 1 November 2021, 22:15 WIB
KM Logistik Nusantara 4 mengalami mati mesin ditengah laut
KM Logistik Nusantara 4 mengalami mati mesin ditengah laut /Ashari/ARAHKATA

ARAHKATA - KM Logistik Nusantara 4 sebagai sarana armada Tol Laut ternyata mengalami kendala operasionalnya dikarenakan kapal mengalami masalah di mesin kapal.

Secara normal KM Logistik Nusantara 4 sebagai Tol Laut mendistribusikan barang kebutuhan pokok dari wilayah barat ke timur Indonesia yang masuk dalam kategori tertinggal, terpencil, terluar dan perbatasan (3TP).

Trayek KM Logistik Nusantara 4 memiliki (Rute: T-3) Tanjung Priok – Kijang – Tarempa – Pulau Laut – Natuna – Subi – Serasan – Midai – Patimban - Tanjung Priok.

Baca Juga: Pemkot Bandung Gandeng Persib Gelar Vaksinasi COVID-19

Hasil temuan dan informasi yang berhasil dikumpulkan Yayasan Studi Indonesia (YSI) ternyata sejak Juli 2021 kapal yang berangkat dari Pelabuhan Serasan dengan tujuan Pelabuhan Midai di Kepulauan Natuna atau Laut Natuna kapal mengalami gangguan mesin setelah berjalan selama sekira 6 jam di perairan Natuna .

"Saat itu juga kapal mengalami gangguan mati mesin, dan terlihat asap hitam dari kamar mesin. Lalu beberapa awak kapal bagian kamar mesin melakukan pengecekan di mesin induk kapal dan ditemukan mesin induk kapal berjenis Cartepilar MAK mengalami kondisi patah dibeberapa bagian mesin," ujar Muhammad Azhar dalam keterangannya rilisnya pada senin 1 november 2021.

Lanjut Azhar Yayasan Studi Indonesia (YSI) menduga kerusakan terjadi antara lain yaitu Pin Conneting Rod Cylinder patah, Crankpin Bearing Cylinder patah , Crankshaft serta bagian pipi engkol Cylinder dengan karena kondisi retak parah.

Baca Juga: Wali Kota Bandung Buat Mural, Ini Katanya

"Dengan adanya kerusakan ini maka kapal dinyatakan tidak dapat meneruskan perjalanan ke tujuan pelabuhan Midai dan seterusnya," ujar Azhar yang juga Ketua Lembaga Survey Batam.

Halaman:

Editor: Agnes Aflianto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x