Akibat Erupsi Gunung Semeru, Total 43 Korban Ditemukan Meninggal

- 9 Desember 2021, 21:09 WIB
Warga mengamati kondisi dalam rumahnya yang tertimbun material pasir Gunung Semeru di Dusun Kamar Kajang, Candipuro, Lumajang, Jawa Timur, Kamis 9 Desember 2021.
Warga mengamati kondisi dalam rumahnya yang tertimbun material pasir Gunung Semeru di Dusun Kamar Kajang, Candipuro, Lumajang, Jawa Timur, Kamis 9 Desember 2021. /Zabur Karuru/ANTARA FOTO

ARAHKATA - Memasuki hari ke lima pasca erupsi Gunung Semeru pada Kamis, 9 Desember 2021 tim gabungan terus melakukan upaya pencarian dan pertolongan lanjutan di beberapa lokasi sekitar.

Berdasarkan laporan dari tim pencarian dan pertolongan di lapangan per hari ini jumlah korban meninggal dari erupsi Gunung Semeru bertambah empat orang sehingga totalnya menjadi 43 orang.

Sementara itu, warga luka-luka ada 104 orang, yang mana sebanyak 32 orang mengalami luka berat dan 82 lainnya luka sedang.

Baca Juga: Korban Semeru Meninggal 34 Orang, 16 Hilang

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Abdul Muhari menyatakan, pencarian dan pertolongan serta pembersihan yang dilakukan sejak pukul 05.30 WIB itu sempat dihentikan sementara setelah terpantau awan hitam pekat dan mendung di sekitar Curah Kobokan.

"Berdasarkan laporan visual, pada pukul 06.22 WIB, Gunung Semeru tampak jelas dan teramati asap putih tebal yang meluncur ke arah Barat - Barat Daya hingga 1.000 meter," katanya Kamis, 9 Desember 2021.

Selain itu, tim lainnya juga terus melakukan pembersihan dan asesmen lanjutan yang difokuskan di Kamar Kajang, Desa Sumberwuluh.

Baca Juga: Peduli Korban Semeru, Ini yang Dilakukan Pemuda di Tanah Abang

Kemudian lokasi pengungsian juga mengalami peningkatan menjadi 121 yang terbagi di beberapa titik.

Sementara, kerusakan dan kerugian yang dihimpun meliputi 31 fasilitas umum terdampak, hewan ternak sapi 764 ekor, kambing/domba 648 ekor dan unggas 1.578 ekor.

Halaman:

Editor: Tia Martiana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x