Kabar Baik! Kereta Cepat Jakarta-Bandung Bakal Uji Coba November 2022

- 24 Januari 2022, 13:52 WIB
Ilustrasi Kereta Cepat Jakarta-Bandung.
Ilustrasi Kereta Cepat Jakarta-Bandung. /Pexels/David Dibert

ARAHKATA - Kabar baik untuk warga yang ingin berpergian Jakarta-Bandung dengan jarak tempuh yang tidak memakan waktu lama.

Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) dikabarkan bakal uji coba pada November 2022 mendatang.

Progres dari proyek yang membentang dari Halim, Jakarta hingga Tegalluar, Bandung ini sudah mencapai 79,9 persen.

Baca Juga: Kereta LRT Tabrakan, Ini Penjelasan PT INKA

“Saat ini progres KCJB terus berjalan dan sudah mencapai 79,90 persen. Kami akan terus melakukan upaya maksimal untuk mewujudkan trial run (uji coba) di November, akhir tahun 2022,” ujar Direktur Utama PT Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC) Dwiyana Slamet Riyadi dalam keterangan resmi, Senin 24 Januari 2022.

Dia melanjutkan, progres KCJB di semua lini konstruksi sudah mendekati 100 persen. Secara garis besar, progres proyek KCJB untuk konstruksi jembatan KCJB sudah mencapai 89,30 persen, Subgrade 78,41 persen, dan Tunnel 98,07 persen atau 10 dari 13 tunnel telah berhasil ditembus.

Produksi Electric Multiple Unit (EMU) KCJB yang dilakukan di CRRC Sifang, China juga sudah mencapai 85 persen. Artinya, 7 dari 11 unit EMU atau kereta yang akan digunakan untuk KCJB sudah selesai diproduksi.

Baca Juga: BREAKING NEWS: Kereta LRT Munjul Tabrakan

Selain EMU, Comprehensive Inspection Trail (CIT) untuk kebutuhan maintenance dan uji coba kereta cepat juga sudah selesai dibuat. EMU dan CIT untuk kereta cepat ini sendiri direncanakan akan tiba di Indonesia pada pertengahan 2022.

Dari sisi stasiun, pembangunan empat stasiun yang terdiri dari Stasiun Halim, Karawang, Padalarang, dan Tegalluar pun sudah berjalan.

Halaman:

Editor: Tia Martiana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x