Ramai Penipuan Bantuan Ponpes, Kemenag Angkat Suara

- 14 Februari 2022, 23:48 WIB
ILustrasi Pondok Pesantren
ILustrasi Pondok Pesantren /Dok. Ponpes Gontor

ARAHKATA - Terkait banyaknya laporan modus penipuan tentang bantuan Pondok Pesantren (Ponpes) yang mengatasnamakan Kementerian Agama (Kemenag), Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PD Pontren) pun angkat bicara.

Mengenai hal tersebut Direktur PD Pontren Waryono Abdul Ghafur menghimbau masyarakat untuk lebih waspada dan kritis.

"Jangan mudah percaya, laporkan saja ke pihak berwajib," katanya, dikutip Arahkata pada 14 Februari 2022.

Baca Juga: Begini Tanggapan Menag Soal Perusakan Ponpes di Lombok

Selain itu, Waryono juga menegaskan bahwa bantuan untuk Pesantren ataupun Lembaga Pendidikan Keagamaan dari Kemenag tidak pernah dipungut biaya apapun.

Oleh karena itu, jika ada oknum yang mengatasnamakan Kemenag dan meminta biaya untuk dikirimkan ke nomor rekening tertentu, sudah dipastikan itu adalah penipuan.

"Semua layanan publik di Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren tidak mensyaratkan pembayaran atau meminta biaya apa pun, demikian halnya dengan layanan bantuan, pada tahun 2022 ini seluruh pengajuan bantuan dilakukan secara online," ujarnya.

Baca Juga: Menag Investigasi Ponpes dan Madrasah Imbas Kasus Guru Cabuli Santriwati

Ia juga meminta masyarakat untuk selalu memastikan informasi melalui laman ataupun media sosial resmi milik Ditpdpontren.

Waryono juga menjelaskan jika pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak berwenang untuk mengusut dan menangkap pelaku atau oknum penipuan di Kalimantan Barat.

Halaman:

Editor: Tia Martiana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x