Kemenhub Tentukan Lokasi Calon Bandara IKN, Lokasinya Sangat Strategis

- 22 Februari 2022, 12:42 WIB
Pemindahan IKN, Butuh Dana Segini Untuk Sistem Transportasi, Menhub Ajak Masyarakat Kerjasama Dana
Pemindahan IKN, Butuh Dana Segini Untuk Sistem Transportasi, Menhub Ajak Masyarakat Kerjasama Dana / Instagram @jokowi

ARAHKATA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah melakukan penelitian atau studi penentuan lokasi calon bandara baru penunjang Ibu Kota Negara (IKN) di Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur.

Hal itu diungkapkan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi ketika meninjau lokasi calon bandara baru.

Tak sendirian dalam kesempatan itu hadir juga Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor, Ketua Satuan Tugas Pembangunan IKN Danis Sumadilaga, dan Dirjen Perhubungan Udara Novie Riyanto.

Baca Juga: Belum Usai, Dini Hari DPR-Pemerintah Masih Bahas RUU IKN

"Lokasinya sangat strategis, bandara baru ini berada di antara kawasan IKN dengan Balikpapan. Lokasi ini akan dihubungkan oleh jalan tol, baik dari Balikpapan maupun IKN," ujar Budi Senin, 21 Februari 2022.

Budi yang menggunakan helikopter dari Balikpapan menuju titik lokasi calon bandara baru menjabarkan bahwa bandara tersebut nantinya memiliki panjang landas pacu (runway) sepanjang 3000 meter x 45 meter, dan bisa didarati pesawat berbadan besar seperti Boeing 777.

Melihat situasi di lapangan dan pengalaman membangun Bandara YIA yang ukurannya sama, Menhub pun optimistis, pembangunan bandara baru tersebut bisa diselesaikan pada 2024 mendatang.

Baca Juga: Pembangunan IKN Didukung Penuh Oleh Tokoh Masyarakat dan Adat Kaltim

Lebih lanjut, pihak Kemenhub menyebut akan berkoordinasi dengan TNI AU terkait kolaborasi penggunaan bandara IKN untuk kepentingan komersial dengan kepentingan militer.

Menhub menyampaikan terima kasih kepada Gubernur Kaltim, Kemen PUPR, TNI, POLRI, dan unsur terkait lainnya, yang telah berkolaborasi memberikan panduan dalam penelitian penentuan titik calon bandara baru IKN.

Halaman:

Editor: Tia Martiana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x