Presidensi G20 Indonesia: Utamakan Kolaborasi untuk Akhiri Pandemi

- 8 April 2022, 13:29 WIB
Presiden Indonesia Joko Widodo terlihat di layar menyampaikan pidatonya pada pertemuan para menteri keuangan dan gubernur bank sentral (FMCBG) G20 di Jakarta Convention Center, Jakarta, Indonesia, 17 Februari 2022. AS dan sekutunya menentang kehadiran Rusia.
Presiden Indonesia Joko Widodo terlihat di layar menyampaikan pidatonya pada pertemuan para menteri keuangan dan gubernur bank sentral (FMCBG) G20 di Jakarta Convention Center, Jakarta, Indonesia, 17 Februari 2022. AS dan sekutunya menentang kehadiran Rusia. /Hafidz Mubarak A /Reuters

ARAHKATA - Presidensi G20 Indonesia mendukung penuh kolaborasi antarnegara anggota G20 dalam mengentaskan wabah pandemi global COVID-19 yang terjadi dalam dua tahun terakhir ini.

Dengan begitu, upaya penanganan pandemi dapat dilakukan dalam waktu waktu yang relatif lebih cepat dengan upaya kolaborasi antar negara di masa mendatang

Hal itu dikatakan langsung oleh Juru Bicara (Jubir) Presidensi G20 Indonesia, Maudy Ayunda.

Baca Juga: Maudy Ayunda Resmi Jadi Jubir Presidensi G20 Indonesia

"Dalam kasus pandemi COVID-19, dunia hanya bisa terbebas jika berkolaborasi satu sama lain," ucapnya Kamis, 7 Maret 2022.

Menurut Maudy, kolaborasi menjadi kunci yang sangat penting dalam mengentaskan wabah global COVID-19.

Sebab, kesehatan masyarakat dunia, sejatinya saling bergantungan antara satu negara dengan negara lain.

Baca Juga: Desakan dari Berbagai Pihak, Ini Sikap Indonesia untuk Rusia di G20

Artinya, penanganan wabah itu harus melibatkan negara disekitarnya dalam bentuk kolaborasi, untuk memperkuat upaya penanganan wabah tersebut.

"Indonesia mengajak seluruh anggota G20 duduk bersama menyusun exit strategy dari persoalan kesehatan dan pandemi," tambah Maudy.

Halaman:

Editor: Tia Martiana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x