Diduga Melanggar SOP dan Kewenangan Tugas, Auditor Investigasi Kemkeu Ini Digeser

- 22 April 2022, 13:21 WIB
Ilustrasi Pemerasan
Ilustrasi Pemerasan /Pixabay

ARAHKATA - Kasus pemerasan Kantor Bea Cukai Bandara Soekarno-Hatta menyibak banyak hal, termasuk pergeseran posisi penting di Inspektorat Bidang Investigasi di Kementrian Keuangan.

Pada Pengadilan Tipikor Serang, Senin, 18 April 2022 lalu, Valentinus Rudy Hartono (VRH), auditor Inspektorat Jenderal Kementerian Keuangan, bersaksi di pengadilan bahwa dirinya sempat memimpin sebuah investigasi pada Mei 2021 terhadap pejabat bea cukai yang diduga melakukan pemerasan terhadap perusahaan jasa importasi.

Lucunya, terungkap di persidangan Senin kemarin, VRH sempat mengakui pada saat investigasi tahun lalu, ada momentum di mana seharusnya tim dari Inspektorat Bidang Investigasi Irjen Kemkeu dapat melakukan Operasi Tangkap Tangan, tapi tidak jadi dilakukan karena satu dan lain hal, diantaranya ketika kejahatan tersebut terjadi "sudah di luar jam kerja."

Baca Juga: Oknum Polisi Ditembak Adalah Pelaku Pemerasan

Padahal, menurut kesaksian VRH, pada Mei 2021 lalu, dirinya memimpin lebih dari 20 orang tim dan menyaksikan secara langsung kejahatan, yakni pemberian uang dari Direktur PT Sinergi Karya Kharisma (SKK) Arif Agus Harsono ke pejabat Bea Cukai Vincentius Istiko Murtiadji.

VIM saat itu merupakan Kasi Fasilitas Pabean dan Cukai II di Kantor Bea Cukai Soekarno-Hatta. Ia kini menjadi terdakwa dalam kasus tindak pidana korupsi dugaan pemerasan kepada PT SKK sebesar Rp3,5 miliar pada periode 2020-2021.

Di persidangan Senin kemarin, VRH dicecar soal bagaimana prosedur menangani kasus pemerasan, termasuk kewenangannya melakukan penyadapan dan pengambilan video secara diam-diam oleh timnya pada saat mengintai VIM.

Baca Juga: Bea Cukai Kudus Musnahkan 14 Ton Rokok Ilegal

VRH mengakui pihak IBI Kemkeu tidak mengundang aparat penegak hukum, karena instansinya ingin "menyelesaikan masalah tersebut secara internal."

Halaman:

Editor: Agnes Aflianto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x