Vaksin PMK dari Prancis Sudah Tiba di Indonesia

- 14 Juni 2022, 12:34 WIB
Ilustrasi vaksin COVID-19 jenis Pfizer/Pixabay/x3
Ilustrasi vaksin COVID-19 jenis Pfizer/Pixabay/x3 /

ARAHKATA - Vaksin hewan ternak khusus penyakit mulut dan kuku (PMK) telah tiba di Indonesia sejak Minggu, 12 Juni 2022.

Vaksin yang spesifik (homolog) dengan kasus yang terjadi di Indonesia itu dikirim langsung dari Prancis melalui Bandara Internasional Soekarno Hatta di Tangerang.

Hal tersebut dikatakan langsung oleh Kepala Biro Humas dan Informasi Publik Kementerian Pertanian (Kementan) Kuntoro Boga Andri.

Baca Juga: Menko PMK: Penyandang Disabilitas Layak Dapat Pendidikan yang Sama

"Tentu itu hal yang sangat menggembirakan bagi kami, karena upaya yang kita siapkan berjalan sesuai jadwal. Sesuai janji kami, vaksin akan tiba di minggu kedua Juni 2022," katanya Senin, 13 Juni 2022.

Terkait jumlah vaksin yang datang, Kuntoro menyebutkan tahap pertama masuk karena keterbatasan cargo pesawat, baru sejumlah 10 ribu dosis vaksin.

Selanjutnya, Kuntoro menambahkan secara keseluruhan vaksin akan tiba kembali dalam 3 hari ke depan, dengan total 800 ribu dosis.

Baca Juga: PMK Hewan Ternak Mewabah, Kementan Buat Vaksin

Nantinya, vaksin akan didistribusikan sesuai kebutuhan daerah dengan memperhatikan peta sebaran penyakit yang terjadi saat ini.

Adapun skema penggunaan vaksin ini, nantinya disuntikkan pada hewan sehat yang belum terkena PMK, namun berada di wilayah zona merah atau tertular.

Halaman:

Editor: Tia Martiana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x