Presiden Jokowi: Pembangunan Dasar IKN Sudah Dimulai

- 23 Juni 2022, 11:53 WIB
Presiden Joko Widodo menyampaikan paparan tentang pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di sela peresmian gedung Nasdem Tower di Jakarta, Selasa 22 Februari 2022. Presiden mengatakan IKN Nusantara merupakankota berkonsep ‘smart forest city’ yang 70 persen wilayahnya merupakan area hijau, 80 persen kendaraan yang ada merupakan transportasi publik, dan 80 persen lebih didukung energi hijau dari ‘hydropower’ di Sungai Kayan.
Presiden Joko Widodo menyampaikan paparan tentang pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di sela peresmian gedung Nasdem Tower di Jakarta, Selasa 22 Februari 2022. Presiden mengatakan IKN Nusantara merupakankota berkonsep ‘smart forest city’ yang 70 persen wilayahnya merupakan area hijau, 80 persen kendaraan yang ada merupakan transportasi publik, dan 80 persen lebih didukung energi hijau dari ‘hydropower’ di Sungai Kayan. /Antara/Aditya Pradana Putra/

ARAHKATA - Pembangunan dasar Ibu Kota Nusantara (IKN) sudah dimulai ditandai dengan adanya pembangunan Bendungan Sepaku Semoi dan Persemaian Mentawir, di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Hal itu dikatakan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) ketika meninjau pembangunan Bendungan Sepaku Semoi.

“Adanya bendungan itu menunjukkan pembangunan basic di infrastruktur sudah mulai. Juli 2022 nanti, pembangunan jalan utama dari jalan tol Balikpapan juga dimulai,” kata Jokowi Rabu, 22 Juni 2022.

Baca Juga: Mantap! Bandara Baru Akan Dibangun di IKN Nusantara

Selain itu, ucap Jokowi, adanya Persemaian Mentawir menunjukkan pembangunan di IKN memerhatikan lingkungan.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi meminta agar pembangunan Bendungan Sepaku Semoi dapat diselesaikan lebih cepat dari rencana.

Semula bendungan ini akan rampung pada Desember 2023, namun Direktur Jenderal Sumber Daya Air, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Jarot Widyoko, menyanggupi untuk menyelesaikan pada awal 2023.

Baca Juga: Kemenag: Narasi Menag Minta Dana Haji untuk IKN Hoaks dan Fitnah

Presiden menyampaikan, air baku dari bendungan akan diolah untuk memasok kebutuhan air bagi 1,5 juta penduduk.

“Untuk air yang disalurkan adalah air siap minum,” kata Presiden.***

Editor: Tia Martiana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x