Pesona Pariwisata Maluku Utara Transformasi Era Digital

- 10 Oktober 2022, 17:33 WIB
Tahmid Wahab, S.Sos.,M.E.  Kepala dinas pariwisata dan ekonomi kreatif provonsi Maluku
Tahmid Wahab, S.Sos.,M.E. Kepala dinas pariwisata dan ekonomi kreatif provonsi Maluku /Humas Pemprov Maluku

ARAHKATA - Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Maluku Utara menggelar Talkshow Makin Cakap Digital bertajuk Pariwisata, Seni dan Budaya di Era Digital.

Hadir sebagai narasumber dalam Talkshow tersebut adalah Tahmid Wahab, M.Si (Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Maluku Utara), M. Ade Soleman, ST., MM. (Kepala Dinas Pariwisata Kota Tidore Kepulauan), dan Rustam P Mahli (Kepala Dinas Pariwsataa Kota Ternate).

Dihadiri ratusan peserta yang datang dari berbagai kalangan, baik dari komunitas musik, para penggiat seni dan budaya dan para pelaku jasa pariwisata di provinsi Maluku Utara.

Baca Juga: Evakuasi Bayi Terjebak Banjir Berlangsung Dramatis di Bidaracina

Sebagai narasumber yang tampil pertama dalam sesi pemaparan talkshow tersebut adalah Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Maluku Utara (Tahmid Wahab M.Si) yang mengatakan bahwa: "Objek wisata di setiap kabupaten/kota memiliki keunggulannya masing-masing.

Kita berbicara tentang pariwista maka tentu kita bicara tentang industri pariwisata yang didalamnya terdapat hotel dan penginapan, restoran, termasuk juga kita berbicara tentang ekonomi kreatif yang mencakup 17 sub sektor.

Selanjutnya menurut Tahmid bahwa "Berbicara tentang industri pariwisata di era digital maka didalamnya kita berbicara tentang promosi pariwisata secara digital namun sayangnya terkadang dalam melakukan promosi kita menjadi kebablasan, terkadang kita melakukan promosi yang tidak sesuai dengan apa yang ada di lapangan, akhirnya membuat kecewa para wisatawan mancanegara maupun domestik, oleh karena itu dengan digelarnya kegiatan ini sangatlah penting agar kedepan nanti kita melakukan promosi sesuai apa yang ada di lapangan. Kita tidak membuat kecewa para wisatawan baik domestik maupun mancanegara". Pungkas Thamrin.

Baca Juga: Personel Gulkarmat Jakarta Timur Siaga di Lokasi Banjir

Selanjutnya menurut Tahmid bahwa: "Fokus kita kedepan adalah terkait dengan kelembagaan dan didalamnya terkait pula dengan pengembangan sumber daya manusia di sektor pariwisata, dan itu menjadi poin yang sangat penting manakala kita berbicara tentang pembangunan pariwisata di era digital.

Selain masalah sumber daya manusia, kitapun diperhadapkan kepada tiga problem lainnya, yaitu:

1). aksesibilitas, yang berkaitan dengan jalan dari dan menuju ke sebuah destinasi wisata, apakah akses jalan tersebut telah baik kondisinya ataukah sebaliknya?;

Halaman:

Editor: Wijaya Kusnaryanto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x