KPK Sambut Positif Ajakan Mahfud MD Bongkar Mafia Tambang Libatkan

- 7 November 2022, 19:34 WIB
Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan, Mahfud MD.
Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan, Mahfud MD. /Youtube Kemenko Polhukam

 

 

ARAHKATA - Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menyampaikan bakal berkoordinasi dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk bersama mengusut tuntas praktik mafia pertambangan. Atas inisiatif Mahfud itu, KPK merespons positif.

"KPK tentu akan menyambut baik inisiasi Menkopolhukam untuk menyelesaikan kebocoran penerimaan negara dari sektor tambang atau sektor lainnya dalam hal kebocoran tersebut diduga karena adanya dugaan korupsi," kata Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron dalam keterangannya, dikutip ArahKata.com pada Senin, 7 November 2022.

Ghufron menerangkan, KPK sudah melaksanakan sejumlah kajian mengenai isu pertambangan, terutama pada sektor batu bara. Tidak kalah penting, KPK sudah berupaya melakukan perbaikan sistem lewat sistem informasi pengelolaan batu bara (Simbara).

 Baca Juga: Gedung Bapelitbang Balai Kota Bandung Dilahap Si Jago Merah

"Harapannya rantai proses bisnis batu bara lebih pasti, transparan serta pemenuhan kebutuhan dalam negeri didahulukan dengan mematuhi DMO (domestic market obligation)," tutur Ghufron.

Diketahui, Mahfud menyatakan bakal berkoordinasi dengan KPK untuk mengungkap persoalan mafia di sektor pertambangan. Tak hanya tambang, sektor lainnya seperti perikanan, kehutanan, serta pangan juga bakal ditelusuri.

Persoalan mafia tambang mencuat lagi imbas beredarnya video pengakuan Ismail Bolong. Dalam video yang beredar, Ismail Bolong mengeklaim terdapat sejumlah uang yang disetorkan ke Kabareskrim Polri Komjen Pol Agus Andrianto.

Halaman:

Editor: Wijaya Kusnaryanto

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x