Jokowi: Prosesi Ngunduh Mantu Kaesang Pangarep dan Erina Gudono Wujud dari Melestarikan Budaya Jawa

- 11 Desember 2022, 14:58 WIB
Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana saat memberikan keterangan kepada wartawan di Loji Gandrung, Minggu 11 Desember 2022
Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana saat memberikan keterangan kepada wartawan di Loji Gandrung, Minggu 11 Desember 2022 /Laily Rachev

ARAHKATA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan prosesi ngunduh mantu putra bungsunya Kaesang Pangarep dan Erina Gudono di Loji Gandrung Solo pada Minggu pagi merupakan bagian dari nguri-uri atau memelihara budaya Jawa.

"Hari ini Minggu, 12 Desember 2022, kami ngunduh mantu Kaesang Pangarep dan Erina Gudono," kata Presiden di sela prosesi ngunduh mantu di Loji Gandrung Solo.

Prosesi ngunduh mantu ini, lanjut dia, sekaligus bagian dari merawat dan memelihara kebudayaan.

 Baca Juga: Rizal Ramli: Kritisi Pernikahan Kaesang Pangarep Lebih Megah dari Sultan Jogja dan Solo

"Budaya adalah warisan para leluhur. Mengenalkan budaya kita adalah kewajiban. Mencintai budaya adalah kewajiban kita bersama," katanya.

Mengenalkan dan mencintai kebudayaan, menurut dia, merupakan suatu kewajiban. Kecintaan pada budaya, lanjut dia, harus ditunjukkan agar identitas budaya kita muncul kembali.

"Agar karakter kita, karakter budaya kita bisa semakin kita cintai," katanya.

 Baca Juga: Doa Rakyat Kecil Rayakan Pernikahan Kaesang Pangarep, di Balik Megahnya Hajat Putra Presiden

Tasyakuran pernikahan putera bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep dan Erina Gudono, digelar pada Minggu, 11 Desember 2022, dikutip ArahKata.com dari Antara.

Halaman:

Editor: Wijaya Kusnaryanto

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah