Pakar Minta RI Ikuti Aturan Baru WHO Terkait Penggunaan Masker

- 3 Januari 2023, 12:42 WIB
Warga dengan mengenakan masker berada di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Jumat, 30 Des 2022
Warga dengan mengenakan masker berada di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Jumat, 30 Des 2022 /Muhammad Iqbal/ANTARA

 

 

 

ARAHKATA - Pakar Keamanan dan Ketahanan Kesehatan Griffith University Australia Dicky Budiman minta Indonesia tetap mengikuti anjuran dan aturan terbaru dari Badan Kesehatan Dunia (WHO) terkait dengan kebijakan penggunaan masker.

“Mohon diingat, Indonesia adalah salah satu negara dengan excess death tinggi di dunia selama pandemi. Artinya infeksi yang tidak tercatat sangat banyak,” kata Dicky saat dihubungi ANTARA dikutip ArahKata.com, Selasa, 3 Januari 2023.

Dicky menuturkan Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus meminta bagi daerah dengan tingkat penularan yang luas, untuk memakai masker medis terutama bagi orang-orang yang bekerja di area klinis seperti fasilitas kesehatan.

Baca Juga: Heru Budi Hentikan Layanan Internet Gratis Jakwifi: Okelah Nggak Suka Anies, Tapi Jangan Rugikan Warga

Poin penting lainnya yang ditekankan adalah tetap memakai masker dalam situasi di mana jarak fisik tidak memungkinkan. Misalnya di ruang terbuka yang ramai, di dalam transportasi umum dan juga toko-toko.

Kemudian bagi daerah dengan penularan komunitas yang tinggi, WHO menyarankan bagi masyarakat berusia 60 tahun atau lebih ataupun yang memiliki kondisi lainnya menggunakan masker medis.

Halaman:

Editor: Wijaya Kusnaryanto

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x