Gempa Turki Makan Ribuan Korban Jiwa, Jokowi Siap Kirim Bantuan

- 8 Februari 2023, 10:54 WIB
Gempa Makan Banyak Korban Jiwa, Jokowi Siap Kirim Bantuan ke Turki
Gempa Makan Banyak Korban Jiwa, Jokowi Siap Kirim Bantuan ke Turki /Instagram @jokowi/

 

ARAHKATA - Korban tewas akibat gempa Turki terus bertambah. Hal ini menyita perhatian duka salah satunya Indonesia.

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan saat ini pemerintah tengah menyiapkan bantuan yang akan disalurkan untuk para korban gempa di Turki. 

Bantuan tersebut akan disiapkan baik oleh Menteri Luar Negeri (Menlu), Kementerian Pertahanan (Kemenhan), dan juga Kementerian Sosial (Kemensos).

Baca Juga: Korban Tewas Akibat Gempa Turki dan Suriah Capai 7.800 Orang

"Iya ini sedang disiapkan bantuannya oleh Menlu, Kemenhan, dan juga oleh Kemensos. Baru disiapkan dan segera akan dikirim. Secepatnya. Ini tadi pagi masih mencari pesawat," kata Jokowi di Istana Merdeka, Selasa 7 Februari 2023.

Gempa berkekuatan magnitudo 7,8 mengguncang Kahramanmaras dan beberapa provinsi tetangga, termasuk Gaziantep, Sanliurfa, Diyarbakir, Adana, Adiyaman, Malatya, Osmaniye, Hatay, dan Kilis Turki pada Senin dini hari. Kemudian, pada pukul 13.24, terjadi gempa lanjutan berkekuatan 7,6 yang juga berpusat di Kahramanmaras.

Baca Juga: Gempa Dahsyat M 7,4 Mengguncang Turki, Dompet Dhuafa Siapkan Bantuan

Wakil Presiden Turki Fuat Oktay mengatakan, 338 ribu korban gempa mengungsi di asrama, universitas dan tempat pengungsian lainnya. Sedangkan sekitar 16.400 personel tim pencarian dan penyelamatan bekerja di wilayah yang terdampak gempa.

Sejauh ini, 65 negara telah menawarkan bantuan. Manajer Umum Pengurangan Risiko AFAD Orhan Tatar mengatakan, 250 juta lira Turki dana darurat telah dikirim ke provinsi-provinsi di daerah bencana sejauh ini.***

Editor: Tia Martiana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x