Buntut Pilot Susi Air Disandera, Banyak Penerbangan Penting di Papua Dibatalkan

- 1 Maret 2023, 17:18 WIB
Susi Pudjiastuti pemilik Susi Air.
Susi Pudjiastuti pemilik Susi Air. /Pikiran Rakyat/Muhammad Rizky Pradila

 

ARAHKATA - Pemilik maskapai Susi Air, Susi Pudjiastuti menyatakan banyak penerbangan Susi Air yang dibatalkan.

Pembatalan itu buntut dari pembakaran pesawatnya dan penyanderaan pilot Susi Air Phillips Mark Mehrtens, oleh Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM).

Susi mengatakan hampir 40 persen dari sekitar 100 penerbangan di Papua tidak bisa beroperasi, padahal kehadiran Susi Air sangat signifikan di Papua.

Baca Juga: Susi Pudjiastuti Prihatin Philip Marthens Pilot Susi Air Jadi Sandera KKB

Susi menyatakan dengan terhentinya penerbangan Susi Air di Papua mengakibatkan akses ke sejumlah wilayah di rute perintis terputus, pengangkutan bahan bakar, makanan, orang-orang sakit untuk berobat, dan sebagainya menjadi terhambat.

“Tentu ini mengganggu kegiatan dan supply logistik daripada masyarakat yang hidup di pegunungan. Selain itu tidak dapat terjangkau lagi kecuali naik helikopter atau berjalan kaki," kata mantan Menteri Kelautan dan Perikanan itu, saat konfersi pers di Kecamatan Makassar, Jakarta Timur, dikutip ArahKata.com pada Rabu, 1 Maret 2023.

Susi meminta maaf kepada para pihak, mulai dari pemerintah daerah dan masyarakat Papua karena terganggunya angkutan orang dan barang di bumi Cenderawasih.

Baca Juga: Viral Gerakan Setop Bayar Pajak Menggema di Media Sosial

Halaman:

Editor: Wijaya Kusnaryanto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x