KNPI: Indonesia Jadi Negara Digdaya Jika Nasionalisasi Aset Strategis

- 7 Mei 2023, 10:49 WIB
Ilustrasi: Pengeboran minyak lepas pantai.
Ilustrasi: Pengeboran minyak lepas pantai. /- Foto: Antaranews/moneycontrol.com

ARAHKATA - Ketua Umum DPP Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Haris Pertama mengatakan Indonesia dapat menjadi negara yang semakin besar, tidak terkalahkan, dan digdaya jika pemerintah mampu menasionalisasikan aset-aset strategis negara.

"Negara kita akan menjadi semakin besar dan digdaya," kata Haris dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, dikutip ArahKata.com Sabtu, 6 Mei 2023.

Salah satu aset strategis negara itu, lanjut Haris, adalah ladang gas alam cair atau "Liquified Natural Gas" (LNG) Tangguh di Teluk Bintuni, Papua Barat.

Baca Juga: Pakar Kesehatan: Air Galon Tak Picu Kanker Payudara, Ada Persaingan Usaha dibalik Tuduhan Itu

Sejauh ini, menurut dia, Pemerintahan Presiden Joko Widodo memiliki catatan yang bagus mengenai nasionalisasi aset strategis negara, di antaranya pemerintah berhasil mengambil alih Freeport dan Blok Mahakam melalui Pertamina.

"Pemerintahan saat ini akhirnya menguasai dan mengelola Blok Mahakam melalui Pertamina," kata dia.

Dengan demikian, Haris berharap pemerintah dapat menasionalisasikan LNG Tangguh di Teluk Bintuni sebagai salah satu ladang gas paling produktif di Indonesia.

 Baca Juga: Relawan Tuntut Netralitas Pemerintah dan Penyelenggara Pemilu 2024

Ia menyampaikan saat ini DPP KNPI telah menginstruksikan DPD KNPI Papua Barat untuk menyusun langkah-langkah teknis mendorong nasionalisasi LNG Tangguh.

Halaman:

Editor: Wijaya Kusnaryanto

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x