Meski Medsos Eksis, Media Massa Masih Miliki Peranan Penting

- 10 Juni 2023, 20:15 WIB
Ilustrasi media sosial.
Ilustrasi media sosial. /Pixabay/Pixelkult/

 

ARAHKATA - Meskipun media sosial kini sudah menjadi bagian dari sumber informasi, pakar komunikasi Universitas Indonesia Firman Kurniawan Sujono mengatakan bahwa media massa masih memiliki peranan penting untuk masyarakat.

”Tidak perlu bersaing antara media sosial dan media konvensional. Sesungguhnya masing-masing media itu punya ciri khas sendiri,” ungkap Firman dikutip ArahKata.com Sabtu, 10 Juni 2023.

Menurut Firman, media massa memiliki awak media yang dapat membahas sebuah informasi secara mendalam. Selain itu, awak media juga sudah mendapatkan pendidikan dan pelatihan sehingga dapat memberikan informasi yang valid untuk masyarakat.

Baca Juga: Heboh! Ada Bunker Narkoba Dalam Kampus Ternama di Makassar

Oleh sebab itu, media massa dinilai masih tetap memiliki peranan penting untuk memberikan kebenaran informasi kepada masyarakat saat ini.

”Kalau media sosial, karena dimiliki oleh semua orang, dengan segala tingkat pendidikan dan segala macam kepentingannya, mereka bisa memanfaatkan media sosial itu. Sehingga kadang-kadang, informasi yang disebarkan itu tidak berkualitas, tidak berbasis kebenaran,” kata Firman.

”Sehingga di sini, media konvensional tetap mempunyai peranan yang penting untuk memberikan informasi yang berkualitas kepada masyarakat,” imbuhnya.

Baca Juga: Jokowi Apresiasi Komitmen Anwar Ibrahim Lindungi PMI di Malaysia

Halaman:

Editor: Wijaya Kusnaryanto

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x