Hari ini, Ramp 1 Junction Sentul Selatan Ruas Tol Jagorawi Beroperasi

- 21 November 2020, 11:03 WIB
Junction Sentul Selatan Ruas Tol Jagorawi/Jasa Marga /Arahkata.com

ARAHKATA - PT Jasa Marga (Persero) Tbk melalui Jasamarga Metropolitan Tollroad (JMT) Regional hari ini, Sabtu (21/11), mengoperasikan Ramp 1 Junction/Simpang Susun Sentul Selatan pada Ruas Tol Jagorawi berdasarkan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 1568/KPTS/M/2020 tanggal 6 November 2020 tentang Penetapan Pengoperasian Ramp 1 Junction Sentul Selatan pada Jalan Tol Jakarta – Bogor – Ciawi. Sejak pukul 06.00 WIB Ramp 1 Junction Sentul Selatan, resmi dibuka.

Simpang Susun yang memiliki total panjang 2.075 meter ini dibangun sejak Januari 2019 dan telah memenuhi persyaratan Uji Laik Fungsi dan Operasi pada pertengahan Oktober 2020.

Dengan menggunakan 263 unit box girder dan bentang terpanjang 70 m. Simpang Susun ini dibangun menggunakan konstruksi elevated box girder dengan metode Balanced Cantilever by Crane.

Metode konstruksi balanced cantilever adalah metode pembangunan jembatan dimana dengan memanfaatkan efek keseimbangan kantilever maka struktur dapat berdiri sendiri, mendukung berat sendirinya tanpa bantuan sokongan lain (perancah/formwork).

Baca Juga: Pesan Mensos Bagi yang Belum Dapat Bansos

Marketing and Communication Department Head Jasamarga Metropolitan Tollroad Irra Susiyanti, dalam keterangannya mengatakan, pembangunan Simpang Susun Sentul Selatan yang melintas di atas Jalan Tol Jagorawi tepatnya KM 37+000 ini.

"Diharapkan dapat mengurai kepadatan di Simpang Bellanova, serta dapat menjadi jalur alternatif bagi pengguna jalan yang menuju Bogor dari arah Jakarta melalui Jalan Tol Bogor Ring Road/BORR yang dikelola oleh PT Marga Sarana Jabar (MSJ)," ungkapnya.

"Dengan adanya Simpang Susun ini juga diharapkan dapat memangkas waktu tempuh pengguna jalan yang ke arah Bogor karena dapat menghindari Simpang Bellanova yang kerap terjadi kepadatan," lanjutnya.

Baca Juga: Aturan Main Distribusi Vaksin Covid-19

Halaman:

Editor: Mohammad Irawan


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X