Waduh! Indonesia Tambah Utang Rp24,5 Triliun dalam Dua Minggu

- 22 November 2020, 00:33 WIB
Ilustrasi utang luar negeri. /Pixabay/jarmoluk./

ARAHKATA - Total utang baru Indonesia dalam jangka waktu dua minggu bertambah dalam jumlah cukup besar, yakni lebih dari Rp24,5 triliun yang disebut sebagai pinjaman bilateral yang didapat dari Australia dan Jerman.

Rincian utang luar negeri tersebut adalah dari Australia sebesar Rp15,45 triliun dan utang bilateral dari Jerman sebesar Rp9,1 triliun.

Pemerintah menyebut, utang baru dari Australia dan Jerman tersebut untuk mendukung berbagai kegiatan penanggulangan pandemi Corona Virus Desease 2019 atau Covid-19.

Baca Juga: Kinerja IKM Perhiasan Semakin Kinclong

1. Australia

Pemerintah Indonesia mendapat pinjaman dari Pemerintah Australia dengan nilai mencapai 1,5 miliar dollar Australia. Angka tersebut setara dengan Rp15,45 triliun dengan kurs Rp 10.300.

Menteri Keuangan Australia Josh Frydenberg mengatakan, pinjaman tersebut diberikan lantaran Indonesia dinilai memiliki ketahanan dan proses pemulihan yang cenderung cepat pada masa pandemi Covid-19.

"Bantuan ini merefleksikan situasi yang harus kita hadapi bersama. Selain itu, juga berkaitan dengan reputasi Indonesia terkait dengan manajemen fiskal," ujar dia dalam konferensi pers bersama dengan Pemerintah Indonesia secara virtual, Kamis 12 November 2020 lalu.

Baca Juga: HIPMI Minta KPPU Segera Ungkap Mafia Monopoli Ekspor Benih Lobster

Halaman:

Editor: Ahmad Ahyar


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X