Jadi Penyebab Utama Kematian di Indonesia, ISC Minta Perhatian Pemerintah!

- 19 Mei 2024, 20:40 WIB
Silaturahmi Indonesian Stroker Club
Silaturahmi Indonesian Stroker Club /Agnes Aflianto/ARAHKATA

ARAHKATA - Penyakit stroke saat ini masih menjadi momok yang menakutkan di Indonesia dan juga di dunia. Bahkan Presiden Joko Widodo menyinggung tingginya angka kematian yang disebabkan penyakit tidak menular ini.

Dari data Kementerian Kesehatan RI, penyakit stroke merupakan penyebab utama kematian di Tanah Air. Dari sisi pembiayaan, penyakit katastropik ini menempati urutan ketiga setelah jantung dan kanker.

Pada kegiatan silaturahmi Indonesian Stroker Club (ISC), Rosa salah seorang anggota ISC mengatakan para penyintas stoker harus cukup mendapatkan perhatian baik dari keluarga ataupun lingkungan juga pemerintah.

Baca Juga: Geger 10 Juta Gen Z Nganggur, Bappenas Sebut 12 Juta Lapangan Kerja Baru tapi Tunggu 2030

"Pasca orang yang terkena serangan stroke perlu rehabilitasi dengan melakukan kegiatan rutinitas bulanan. Salah satunya seperti saat ini dengan berkunjung ke Kebun Binatang Ragunan. Kegiatan ini bertujuan agar para kaum stroke tidak merasa diasingkan," katanya, Minggu 19 Mei 2024.

"Walau kondisi badan belum sempurna kami tetap bisa berkumpul. Keterbatasan fisik bukan penghalang untuk saling bertemu, banyak teman-teman, akhirnya membaik," Rosa menambahkan.

ISC sendiri lahir pada 7 Oktober 2017 melalui media sosial yang didirikan oleh strokers dari Jogja, Jati Suryanto dan strokers dari Temanggung, Mashar Fahmi.

Baca Juga: DPR Prihatin Perguruan Tinggi Disebut Pendidikan Tersier: Apa Orang Miskin Dilarang Kuliah?

"Kedua grup tersebut didirikan karena
kebutuhan forum komunikasi efektif antar stroker. Karena pada umumnya mereka kebingungan dengan pola pemulihan stroke mereka. Dengan adanya dua grup itu, mereka dapat saling tukar pendapat, berbagi cara latihan masing-masing dan saling mengamati," kata Rosa.

Komunitas tersebut kini telah menyebar di seluruh pelosok Indonesia hingga sekitar 3000 penderita stroke menjadi anggota.

Halaman:

Editor: Agnes Aflianto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah