KPAI Dorong Pemerintah Segera Sahkan RPP Kesehatan untuk Penuhi Hak Kesehatan Anak

- 25 Mei 2024, 00:10 WIB
Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menggelar kegiatan diskusi publik bertajuk “Pengesahan Rancangan Peraturan Pemerintah: Menanti PP Kesehatan yang Berpihak kepada Kepentingan Terbaik bagi Anak”
Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menggelar kegiatan diskusi publik bertajuk “Pengesahan Rancangan Peraturan Pemerintah: Menanti PP Kesehatan yang Berpihak kepada Kepentingan Terbaik bagi Anak” /

ARAHKATA - Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menggelar kegiatan diskusi publik bertajuk “Pengesahan Rancangan Peraturan Pemerintah: Menanti PP Kesehatan yang Berpihak kepada Kepentingan Terbaik bagi Anak” bekerjasama dengan yayasan Lentera Anak, di Gedung KPAI Jakarta Pusat, Rabu, 22 Mei 2024.

Dalam diskusi tersebut, Wakil Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), Jasra Putra, mendorong pemerintah untuk segera mengesahkan Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) Kesehatan, sebagai turunan dari UU No. 17 Tahun 2023 tentang Kesehatan, untuk memenuhi hak kesehatan dasar anak.

Menurut Jasra Putra, UU nomor 17/2023 tentang kesehatan yang disahkan pada tahun 2023 telah memandatkan adanya aturan turunan dalam bentuk Peraturan Pemerintah (PP) dan peraturan menteri (permen).

Baca Juga: Layanan Bariatrik RS EMC Alam Sutera Solusi Mencegah Obesitas Jadikan Hidup Berkualitas

“RPP Kesehatan sudah diamanatkan dalam UU kesehatan, sehingga KPAI yang memiliki tugas memberikan masukan dan usulan dalam perumusan kebijakan tentang penyelenggaraan perlindungan anak merasa terpanggil untuk menyampaikan saran dan masukan kepada pemerintah melalui Menteri Kesehatan," kata Jasra.

Jasra menegaskan, pengesahan RPP kesehatan menjadi penting dan ditunggu mengingat ada 3.877 kasus pengaduan terkait dengan pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak yang diterima KPAI sepanjang 2023.

Berdasarkan banyak aduan kasus tersebut, kata Jasra, Kelompok Kerja (Pokja) KPAI yang secara khusus membahas RPP Kesehatan telah menyampaikan langsung kepada Menteri Kesehatan mengenai delapan usulan klaster agar RPP turunan memilik perspektif anak.
Kedelapan usulan klaster tersebut, mengenai ibu, bayi, anak dan remaja; penyandang disabilitas; gizi; upaya kesehatan jiwa; usaha kesehatan sekolah; kesehatan lingkungan; perlindungan anak dari produk zat adiktif dan rokok elektronik; dan skema pembiayaan kesehatan anak.

Baca Juga: Prabowo Janji akan Ringankan UKT Perguruan Tinggi Negeri Setelah Resmi Dilantik

Ia juga mengatakan bahwa KPAI mendukung konsistensi pemenuhan kesehatan masyarakat dengan berdasarkan pada tiga pilar, yakni paradigma sehat, pelayanan kesehatan, dan pemenuhan jaminan kesehatan nasional.

Halaman:

Editor: Wijaya Kusnaryanto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah