Keren! Mulai 1 Juni 2024, SIM Indonesia Bisa Berlaku di 8 Negara Ini

- 9 Juni 2024, 15:03 WIB
Ilustrasi SIM/Wijaya Kusnaryanto/ARAHKATA
Ilustrasi SIM/Wijaya Kusnaryanto/ARAHKATA /Wijaya Kusnaryanto/ARAHKATA

ARAHKATA - Korlantas Polri mengumumkan bawa Surat Izin Mengemudi (SIM) Indonesia mendapatkan pengakuan di luar negeri mulai 1 Juni 2025.

Itu terjadi setelah penyesuaian nomor SIM dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK) Kartu Tanda Penduduk (KTP). Mulai tahun depan, SIM Indonesia akan berlaku di negara-negara ASEAN.

Adapun negara-negara yang mengakui SIM Indonesia antara lain Filipina, Thailand, Laos, Vietnam, Myanmar, Brunei, Singapura, dan Malaysia. Sebenarnya, SIM Indonesia ini telah berlaku sebelumnya di negara-negara seperti Vietnam, Laos, Myanmar, dan Kamboja pada 1999.

 Baca Juga: IDAI: Menekan Jumlah Perokok Akses Ke Rokok Bagi Anak-Anak Perlu Dipersulit

"Setelah 1 Juni 2025, SIM Indonesia akan diakui di Filipina, Malaysia, dan Thailand," kata Direktur Registrasi dan Identifikasi (Dirregident) Korlantas Polri Brigjen Pol Yusri Yunus, dikutip dari laman Humas Polri hari ini, Sabtu, 1 Juni 2024.

Pengakuan SIM domestik Indonesia di luar negeri, terutama di negara-negara ASEAN didasarkan pada Agreement on the Recognition of Domestic Driving License Issued, yang diterbitkan ASEAN pada 1985. Kesepakatan ini telah diperluas sejak 1997.

Namun, di beberapa negara masih ada kebijakan khusus terkait penggunaan SIM Indonesia. Misalnya, di Singapura, SIM domestik berlaku selama 12 bulan sejak kedatangan. Sementara di Malaysia, SIM Internasional dan SIM domestik yang masih berlaku diperlukan bagi mereka yang ingin mengemudi di negara tersebut.

 Baca Juga: DPRD DKI: Warga Akan Kena Denda Jentik Nyamuk Rp 50 Juta Berlebihan

Bagi warga negara Indonesia tanpa SIM Internasional, mereka dapat mengajukan permohonan untuk mendapatkan SIM Malaysia di Institut Mengemudi Malaysia, sesuai dengan edaran Kedutaan Besar Indonesia di Kuala Lumpur.

Halaman:

Editor: Wijaya Kusnaryanto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah