Kemenag Alokasikan Anggaran untuk Tunjangan Sertifikasi Dosen PTKI

3 September 2021, 18:51 WIB
Potret Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, saat hadiri rapat kerja dengan DPR RI pada Senin 30 Agustus 2021 /instagram Yaqut Cholil Qoumas/@gusyaqut

ARAHKATA – Kementerian Agama (Kemenag) telah alokasikan anggaran senilai Rp63 miliar dan siap dicairkan untuk menangani persoalan pembayaran tunjangan sertifikasi dosen Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI).

“Alhamdulilah, masalah tunggakan sertifikasi dosen PTKI Swasta 2019-2020 sudah ada solusi. Saya memastikan anggaran sebesar Rp63.805.687 sudah ada, dan sudah dapat diproses pencairannya oleh Satker masing-masing,” kata Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas, Jumat 3 September 2021.

Yaqut mengungkapkan akan berusaha untuk menyelesaikan permasalahan tersebut dengan mengalokasikan anggaran untuk menangani masalah tunggakkan sertifikasi dosen swasta.

Baca Juga: Kemenkes Terus Upaya Percepat Turunnya Insentif untuk Nakes

“Terkait pemenuhan hak-hak individual kami konsen betul, apalagi hak dosen yang memiliki fungsi, peran dan tugas yang sangat strategis dalam pembangunan nasional di bidang pendidikan, sehingga perlu diperhatikan kesejahteraannya,” ujarnya.

Selain itu, Dirjen Pendidikan Islam M Ali Ramdhani mengatakan, sesuai arahan Menteri pada awal tahun 2021, mengenai pembayaran tunggakan sertifikasi dosen swasta tahun 2019-2021 telah dialokasikan dalam DIPA satker.

Akan tetapi, pencairan anggaran harus disesuaikan dengan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 208/PMK.02/2020 terkait Tata Cara Revisi Anggaran tahun 2021 pasal 16 (4).

Baca Juga: Ditjen Bimas Hindu Kemenag Beri Bantuan ke Pasraman, Ini Tujuannya

Peraturan Menteri Keuangan (PMK) ini telah mengatur tunggakan pada tahun-tahun sebelumnya, apabila nilai melebihi angka Rp2 miliar. Maka, harus melampirkan hasil verifikasi dari Badan Pengawasam Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

“Setelah review, dilakukan buka blokir dan revisi sehingga anggaran tersebut bisa dicairkan,” kata Ali.

Editor: Tia Martiana

Tags

Terkini

Terpopuler