25 Tahun Reformasi, Puluhan Ribu Massa Aldera Bakal Turun ke Jalan

- 19 Mei 2023, 20:57 WIB
Sejumlah aktivis dan yang tergabung dalam Aliansi Demokrasi Rakyat menggelar jumpa pers di Jakarta, merayakan 25 tahun reformasi.
Sejumlah aktivis dan yang tergabung dalam Aliansi Demokrasi Rakyat menggelar jumpa pers di Jakarta, merayakan 25 tahun reformasi. /Wijaya/ARAHKATA

 

 ARAHKATA - Memperingati 25 tahun reformasi pada Minggu, 21 Mei 2023 puluhan ribu aktivis dan masyarakat yang tergabung dalam Aliansi Demokrasi Rakyat (Aldera) bakal turun ke jalan.

Untuk menjaga demokrasi dengan menyuarakan penolakan atas masa jabatan presiden tiga kali dan penundaan Pemilu.

Sekjen Aldera, Pius Lustrilanang menjelaskan, aksi turun ke jalan ini digelar dalam bentuk kegiatan 'Jalan Sehat 25 Tahun Reformasi' guna memastikan Pemilu yang akan berlangsung di 2024 berjalan sesuai jadwal.

Baca Juga: Masyarakat dan Karangan Bunga Sambut Timnas di Bundaran HI

"Ide-ide tersebut (jabatan presiden tiga periode dan penundaan Pemilu) dilakukan secara sistematis, terus menerus. Kami mengajak semua pihak waspada. Isu itu bisa saja muncul kembali kapan pun," kata Pius di Jakarta, dikutip ArahKata.com Jum'at, 19 Mei 2023.

Menurut Pius, demokrasi saat ini sudah berjalan cukup bagus, meskipun masih prosedural tapi menuju ke arah substantif.

"Kami sengaja memperingati 25 tahun ini karena ada kehendak inskuntitional, tiga periode, perpanjangan masa jabatan, tunda Pemilu. Kami merasa penting merayakan 25 tahun reformasi untuk mengumpulkan kembali semua yang selama ini diam, tidak bersuara, untuk menunjukkan bahwa yang menolak hal konstitusional itu sangat banyak. Ada 72 persen rakyat Indonesia yang menolak," jelas Pius.

Baca Juga: Survei: Mayoritas pemilih Jokowi-Ma'ruf pilih Ganjar di Pilpres 2024

Prosentase tersebut melansir survey dilakukan lembaga survey charta politika dan SMRC sepanjang tahun 2022, dimana 72 persen rakyat indonesia menolak jabaran tiga periode presiden dan penundaan Pemilu.

Halaman:

Editor: Wijaya Kusnaryanto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah