Resmi Gratis, Presiden Jokowi Jadi Yang Pertama Divaksin Covid-19

- 16 Desember 2020, 15:07 WIB
/

ARAHKATA - Sempat jadi polemik, pemerintah akhirnya mengumumkan bahwa vaksin Covid-19 akan diberikan gratis kepada seluruh masyarakat Indonesia.

Hal ini disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) setelah menerima banyak masukan dari masyarakat dan kalkulasi ulang anggaran negara.

"Setelah melakukan kalkulasi ulang, perhitungan yang mengenai keuangan negara, dapat saya sampaikan vaksin Covid-19 untuk masyarakat adalah gratis. Sekali lagi gratis, tidak dikenakan biaya sama sekali," ujar Presiden Jokowi dalam keterangan melalui video, Rabu (16/12).

Dalam kesempatan itu, Jokowi juga memerintahkan Menkeu dan jajaran kabinet lainnya untuk memprioritaskan program vaksinasi di tahun anggaran 2021.

"Saya juga menginstruksikan dan memerintahkan Menkeu memprioritaskan dan merealokasi dari anggaran lain dari ketersediaan vaksinasi gratis ini," kata Jokowi.

"Sehingga tak ada alasan bagi masyarakat tak mendapatkan vaksin," imbuhnya.

Dalam kesempatan ini, Presiden Jokowi juga bersedia sebagai orang yang akan divaksin pertama kali. Menurutnya hal itu dilakukan untuk memberikan keyakinan kepada masyarakat.

“Saya ingin tegaskan lagi, nanti saya yang akan menjadi penerima pertama, divaksin pertama kali. Hal ini untuk memberikan kepercayaan dan keyakinan kepada masyarakat bahwa vaksin yang digunakan aman,” tegas Jokowi.

Editor: Ahmad Ahyar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah