Miris, Penghulu di Jakarta Timur Cuma 50 Orang

- 19 Maret 2021, 00:49 WIB
Tangkapan layar dari Instagram @lambe_turah, prosesi akad nikah pasangan diduga pemeran video asusila Parakan 01, Selasa 16 Maret 2021.
Tangkapan layar dari Instagram @lambe_turah, prosesi akad nikah pasangan diduga pemeran video asusila Parakan 01, Selasa 16 Maret 2021. /Instagram @lambe_turah/

ARAHKATA - Jumlah penghulu di Jakarta Timur memprihatinkan. Dimana, hanya terdapat 50 orang penghulu untuk melayani pernikahan di wilayah tersebut.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Seksi Bimas Islam Kankemenag Jakarta Timur, Luqman HT pada Rabu 17 Maret 2021.

"Saat ini tercatat jumlah penghulu di wilayah Jakarta Timur hanya sekitar 50 orang. Sementara untuk angka pernikahan mencapai sekitar 18.000 per tahun disini," ungkap Luqman.

Luqman mengatakan kekurangan penghulu ini disebabkan oleh beberapa faktor. Di antaranya sudah banyak penghulu yang memasuki masa pensiun sehingga belum ada penggantinya di wilayah setempat.

Baca Juga: Belajar Balet 7 jam Setiap Hari Dilakukan Song Kang Demi Film Navillera

"Kami sebenarnya sudah mengajukan, namun belum ada keputusan dari Kemenag pusat. Jadi hingga saat ini masih menunggu tambahan penghulu dari sana," imbuhnya.

Luqman menambahkan dalam waktu dekat mereka akan kembali menggelar acara Bimbingan Perkawinan (Bimwin) bagi sejumlah pasangan calon pengantin di Jakarta Timur secara virtual, mengingat masa pandemi Covid-19 masih berlangsung.

"Seperti acara sebelumnya, untuk Bimwin nanti juga masih akan digelar secara virtual. Kemungkinan juga akan menggandeng sejumlah pihak terkait dalam acara ini," tutupnya.***

Editor: Agnes Aflianto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x