BMKG: Bandung Raya Potensi Hujan Pada Awal November 2023

- 16 Oktober 2023, 12:32 WIB
BMKG: Bandung Raya Potensi Hujan Pada Awal November 2023
BMKG: Bandung Raya Potensi Hujan Pada Awal November 2023 /Pixabay.com/

ARAHKATA - Wilayah Bandung Raya diprediksi akan musim hujan pada November 2023. Hal itu disampaikan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

"Diprediksi di awal November hingga pertengahan November 2023," ujar PMG Muda BMKG Bandung, Yuni Yulianti, Senin 16 Oktober 2023.

Ia menjelaskan, meski dalam dalam periode kemarau, potensi hujan di Bandung Raya sudah mulai terjadi di beberapa wilayah.

Baca Juga: BMKG Prediksi Cuaca Panas Ekstrem Masih Terjadi Hingga Oktober 2023!

"Jadi untuk potensi hujan dengan sifat lokal, durasi singkat, sudah mulai ada. Meskipun untuk dikategorikan masuk musim penghujan, belum masuk kategori musim penghujan kita," katanya.

Hujan lokal yang terjadi ini disebabkan oleh pertumbuhan awan rendah, kumulus, maupun awan sibis.

Namun, hal tersebut tidak berlangsung lama. Dominasi angin timuran terjadi di wilayah Bandung Raya yang menyebabkan hujan tersebut bersifat lokal.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca Hari Ini Menurut BMKG! Sebagian Wilayah Jakarta Hujan

"Kemudian untuk tutupan awan, di wilayah Bandung sendiri saat ini sudah mulai ada tutupan awan hujannya, meskipun memang belum merata dan masih bersifat lokal," ucapnya.

Lebih lanjut Yuni mengimbau, masyarakat meningkatkan kesiagaan potensi bencana banjir, longsor dan angin kencang pada saat masa peralihan atau pancaroba.

Halaman:

Editor: Tia Martiana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x