Ditemani Walikota Jaktim, Gubernur Anies Inspeksi Pengerukan Waduk, Ini Katanya

- 24 November 2020, 13:19 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan didampingi oleh Walikota Jakarta Timur M. Anwar saat inspeksi pengeeukkan di Waduk Pondok Ranggon Jakarta Timur / Anies Baswedan facebook
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan didampingi oleh Walikota Jakarta Timur M. Anwar saat inspeksi pengeeukkan di Waduk Pondok Ranggon Jakarta Timur / Anies Baswedan facebook /Arahkata.com

ARAHKATA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melakukan inspeksi di wilayah Kotamadya Jakarta Timur. Didampingi Walikota M. Anwar, Anies inspeksi secara langsung proses pengerukkan di Waduk Pondok Ranggon.

"Alhamdulillah eskavator yang bekerja sekarang berjumlah 15 alat, pengerukan ini merupakan kolaborasi bersama karena 7 alat dari Dinas SDA, 4 dari Bina Marga, 1 dari Dinas LH, dan 3 lainnya dari swasta," ujar Anies dalam akun facebooknya, Selasa (24/11).

Lebih jauh Anies menyampaikan, apa yang dilakulannya merupakan usaha bersama, dalam rangka meningkatkan kapasitas debit air, khususnya di Jakarta Timur.

Baca Juga: Wali Kota Cirebon Positif Covid-19

"Ini adalah ikhtiar bersama, untuk menambah kapasitas debit air sebagai langkah antisipasi musim hujan dan cuaca ekstrem akibat fenomena La Niña yang diprediksi akan terjadi di Indonesia pada akhir tahun 2020," katanya.

Anies memaparkan, progres pengerukan waduk sudah berjalan sekitar 80% dan diharapkan tuntas sebelum akhir tahun 2020.

Ada tiga waduk di wilayah ini yang luas total badan airnya 10,76 Ha dengan kedalaman 4 meter dan bisa menampung hingga 400 ribu meter kubik. Dalam kondisi normal seperti saat ini, waduk ini sudah menampung sekitar 100-200 ribu meter kubik air.

"InsyaAllah dengan pengerukan yang masif, kapasitasnya akan semakin bertambah dan bisa mencegah genangan maupun banjir di wilayah Jakarta Timur saat musim hujan," ucap Anies.

Baca Juga: Wali Kota Cirebon Positif Covid-19

Halaman:

Editor: Mohammad Irawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x