Penerbangan Indonesia Berduka, YLKI Meminta Pemerintah Perketat Pengawasan

- 11 Januari 2021, 10:10 WIB
Area pencarian pesawat Sriwijaya Air akan diperluas, besok Senin 11 Januari 2021.
Area pencarian pesawat Sriwijaya Air akan diperluas, besok Senin 11 Januari 2021. /Basarnas

ARAHKATA – Penerbangan Indonesia kembali berduka dengan jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ182 yang diperkirakan terjatuh di wilayah Kepulauan Seribu. Menanggapi akan pentingnya keselamatan penerbangan, Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) meminta pemerintah untuk meningkatkan pengawasan yang lebih ketat kepada semua maskapai udara guna menjamin perlindungan konsumen jasa penerbangan.

"Selain itu pengawasan yang lebih ketat juga untuk menjamin aspek keselamatan penerbangan secara keseluruhan," ujar Ketua Pengurus Harian YLKI Tulus Abadi di Jakarta, Minggu, 10 Januari 2021.

Lebih jauh pihaknya juga meminta Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) untuk mengusut tuntas penyebab kecelakaan Sriwijaya dari hilir hingga hulu.

Baca Juga: Microchip Referensikan Pengendalian Daya Mikrokontroler Sisi Sekunder

Pada konteks UU Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, masih kata Tulus, konsumen mempunyai hak atas keselamatan, keamanan, dan kenyamanan selama menggunakan jasa penerbangan. Di mana pihaknya juga meminta manajemen maskapai Sriwijaya dan juga Kemenhub untuk menjamin secara penuh hak-hak keperdataan konsumen yang menjadi korban kecelakaan tersebut, baik secara materiil maupun immateril.

"Sebagaimana dijamin dalam UU Perlindungan Konsumen, sebagai penumpang, konsumen mempunyai hak atas kompensasi dan ganti rugi saat menggunakan produk barang dan atau jasa, dalam hal ini jasa penerbangan," katanya.

Baca Juga: Perangi Narkoba di Masyarakat, Ini Kolaborasi IPC dan BNNBaca Juga: Perangi Narkoba di Masyarakat, Ini Kolaborasi IPC dan BNN

Ia menyampaikan duka cita yang sangat mendalam atas kecelakaan yang menimpa pesawat Sriwijaya Air SJ182 yang jatuh di sekitar Kepulauan Seribu.

"Kita berharap dengan sangat seluruh penumpang bisa ditemukan dan semoga masih ada yang selamat," harapnya.

Editor: Mohammad Irawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah