Hari Peduli Sampah Nasional 2021, Memanfaatkan Barang Bekas dengan Kreatifitas

- 21 Februari 2021, 13:31 WIB
Ilustrasi sampah/Istimewa
Ilustrasi sampah/Istimewa /

ARAHKATA - Sampah adalah persoalan negara yang sangat serius yang tidak ada habisnya untuk dibicarakan. Setiap hari tak henti-hentinya sampah memenuhi setiap area di muka bumi ini.

Banyak kejadian yang ditimbulkan akibat sampah, seperti bencana banjir yang kerap melanda sejumlah wilayah di Indonesia.

Banjir bukan hanya karena dari curah hujan yang tinggi, namun juga karena masyarakat tidak peduli dan sadar akan pentingnya kebersihan lingkungan.

Baca Juga: KKN, Mahasiswa UMT Dibekali Cara Mengolah dan Memilah Sampah

Arahkata.com mengutip dari Antaranews, Anggota Komisi IV DPR RI Johan Rosihan menyatakan, peringatan Hari Peduli Sampah Nasional pada setiap 21 Februari merupakan momentum guna mengembangkan industri daur ulang dan penerapan pengolahan sampah terpadu.

Menurut Johan pemisahan sampah dapat dikelompokkan atas sampah basah, sampah kertas, sampah plastik dan lain sebagainya.

"Selanjutnya dapat dilakukan pengolahan secara terpadu meliputi pengomposan sampah layak kompos, penjualan sampah kering layak jual dengan penerapan bank sampah dan pembakaran sampah sisa dengan proses yang benar," papar Johan.

Johan menekankan perlunya paradigma baru tentang pengolahan sampah yang menekankan pengolahan berbasis masyarakat dengan penerapan metode 3R yakni Reduce, Reuse dan Recycle.

Persoalan besar yang dihadapi berbagai negara, terutama Indonesia hingga saat ini yaitu adanya sampah atau limbah plastik. Sampah plastik ini termasuk dalam sampah anorganik sehingga sulit terurai secara alami.

Halaman:

Editor: Mohammad Irawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x