'Selamat Hari Istiqlal'! Masjid Istiqlal Tempat Bersatunya Umat Islam

- 22 Februari 2021, 21:05 WIB
Kenang Sejarah Panjang Pembangunan Masjid Istiqlal.
Kenang Sejarah Panjang Pembangunan Masjid Istiqlal. /Simas.Kemenag.go.id

ARAHKATA - Masjid istiqlal diresmikan pada 22 Februari 1978 oleh Presiden Soeharto, dan tercatat sebagai Masjid terbesar di Asia Tenggara. Masjid Istiqlal pun menjadi tempat ibadah umat Islam yang terbesar sekaligus termegah di tanah air.

Masjid Istiqlal adalah masjid negara yang mewakili umat Islam Indonesia. Masjid ini dibangun sebagai ungkapan dan wujud syukur Bangsa Indonesia yang mayoritas beragama Islam.

Ide untuk mendirikan Masjid Istiqlal awalnya dibicarakan oleh Soekarno, presiden RI pertama dengan beberapa ulama besar pada tahun 1950 seperti KH Wahid Hasyim sebagai Menteri Agama RI, H Agus Salim, tokoh pergerakan Islam senior, KH Anwar Tjokroaminoto, Ir Sofwan, dan KH Taufiqurrahman.

Baca Juga: Masjid Al-Aqsa, Tempat Suci Umat Muslim Diselimuti Salju

Rencana pembangunan masjid ini dapat dianggap sebagai rasa syukur umat Islam atas kemerdekaan yang telah diraih, dan umat Islam menjadi bagian penting dari perjuangan kemerdekaan bangsa.

Tidak hanya megah, Masjid Istiqlal juga merupakan perwujudan bermacam bagian di tiap bangunannya. Dari nama misalnya, 'Istiqlal' berasal dari kata dalam bahasa Arab yang berarti 'merdeka'. Hal ini merupakan simbol kemerdekaan dan kebebasan Indonesia.

Arahkata.com mengutip dari Deskjabar.com, berjudul https://deskjabar.pikiran-rakyat.com/ragam/pr-1131476377/sejarah-hari-ini-masjid-istiqlal-selesai-dibangun-dpp-pks-kirim-twit-selamat-hari-istiqlal, bagi bangsa Indonesia, kata merdeka adalah sebuah antitesa dari pengalaman kolektif masa lalu sebagai bangsa yang pernah dijajah kolonialisme Belanda.

Merdeka dalam konsepsi Soekarno juga berarti membebaskan bangsa dari penjajahan gaya baru dalam bentuk “Neokolim” (Neo kolonialisme & Imperialisme).

Antara melaporkan, Masjid Istiqlal melakukan renovasi perdana pada Mei 2019. Setelah menjalani renovasi selama 15 bulan, Masjid Istiqal diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada 7 Januari 2021.

Halaman:

Editor: Mohammad Irawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x