Dinkes Tangsel Temukan Kasus Mpox Pertama yang Diidap 2 Orang Laki-Laki

- 31 Oktober 2023, 12:36 WIB
Dinkes Tangsel Temukan Kasus Mpox Pertama yang Diidap 2 Orang Laki-Laki
Dinkes Tangsel Temukan Kasus Mpox Pertama yang Diidap 2 Orang Laki-Laki /Tangkap layar Instagram.com/@dkksemarang

ARAHKATA - Dinkes Tangerang Selatan menemukan penemuan kasus pertama cacar monyet atau monkeypox (Mpox) di daerah itu.

Kasus Mpox tersebut diidap oleh dua orang laki-laki berusia 24 dan 31 tahun.

"Kasus pertama laki-laki domisili baru 10 bulan di Kota Tangerang Selatan KTP luar Tangerang selatan berusia 24 tahun, kasus kedua laki-laki domisili dan KTP Kota Tangerang Selatan berusia 31 tahun," ucap Kepala Dinkes Kota Tangerang Selatan Allin Hendalin Mahdaniar di Tangerang, Selasa 31 Oktober 2023.

Baca Juga: Hati-Hati! Kasus Cacar Monyet di Jakarta Terus Naik, Capai 22 Orang

Berdasarkan hasil pemeriksaan laboratorium per 30 Oktober 2023, pasien terdeteksi mengalami gejala demam, lesi di tangan, wajah dan badan.

"Keduanya tidak ada komorbid, kondisi saat ini sudah ditangani dilakukan isolasi, tidak ada keluhan, kontak eratnya dilakukan pemantauan oleh Puskesmas setempat," katanya.

Menurutnya, pasien yang teridentifikasi itu saat ini sedang menjalani perawatan isolasi secara intensif dengan masa perawatannya hingga sembuh sempurna.

Baca Juga: Rekomendasi PB IDI Terkait Meningkatnya Kasus Cacar Monyet di Indonesia

Ia menambahkan, Pemerintah Kota Tangerang Selatan mengimbau masyarakat agar tidak panik dan tetap waspada dengan meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) serta meningkatkan prokes.

"Jika mengalami gejala Monkey Pox maka segera ke Fasilitas Pelayanan Kesehatan atau Rumah Sakit agar mendapatkan pengobatan simtomatik dan suportif untuk meringankan gejala yang ada hingga mencegah terjadinya infeksi sekuder," ujarnya.

Halaman:

Editor: Tia Martiana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x