Puan Maharani: Serukan Tindak Tegas Pelaku Pungli Penerimaan Siswa Baru

- 15 Juni 2023, 10:01 WIB
Ketua DPR RI, Dr. (H. C) Puan Maharani
Ketua DPR RI, Dr. (H. C) Puan Maharani /Foto. (Dok: DPR)

ARAHKATA - Ketua DPR RI Puan Maharani mengecam keras praktik pungutan liar (pungli) dalam proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang terjadi di Garut, Jawa Barat.

Puan pun meminta Satgas Saber Pungli mengusut tuntas kasus tersebut, menindak tegas pelakunya serta mengantisipasi kejadian serupa terjadi di tempat lain.

"Pungutan liar merupakan tindakan yang tidak etis dan sangat tercela, sekaligus melanggar hukum dan merugikan calon peserta didik serta keluarganya," ujar Puan kepada wartawan, dikutip ArahKata.com pada Rabu, 14 Juni 2023.

 Baca Juga: Presiden Joko Widodo Minta BPKP Pimpin Pengawasan Berorientasi Kepada Hasil

Diketahui, praktik dugaan Pungli PPDB terjadi di Garut, Jawa Barat. Praktik pungli diduga dilakukan oknum komite sekolah di salah satu SMK di Garut yang meminta uang kepada orangtua siswa sebesar Rp 5 juta hingga Rp 7 juta agar sang anak bisa diprioritaskan masuk ke sekolah tersebut

Satgas Saber Pungli, kata Puan, harus mengusut tuntas dugaan praktik-praktik pungutan liar tersebut. Menurutnya harus ada langkah konkret di lapangan agar praktik pungli yang dilakukan oknum demi memperoleh keuntungan pribadi, bisa dicegah.

"Satgas Saber Pungli juga harus lebih banyak turun ke lapangan melakukan pengawasan penerimaan siswa baru. Ini bentuk tindakan preventif dari aparat berwenang agar jangan sampai Pungli merajalela saat tahun ajaran baru," tandas Puan.

 Baca Juga: BREAKING NEWS! Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo Terseret Jadi Tersangka KPK

Selain itu, Puan juga mendorong Satgas Saber Pungli mengawasi bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) yang rentan dimanfaatkan oknum-oknum. Menurut Puan, program bantuan dari pemerintah harus diterima oleh mereka yang berhak.

Halaman:

Editor: Wijaya Kusnaryanto

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah