Ingat Pesan Imam Syafi'i Tentang Ilmu, Jika Ingin Beruntung

- 3 Maret 2021, 07:36 WIB
Sumber google.com
Sumber google.com /Arahkata

ARAHKATA - Imam Syafii merupakan ulama besar yang mendirikan mahzab Syafi’i. Imam yang bernama asli Muhammad bin Idris ini menguasai ilmu fiqih dan hadist yang menjadi salah satu pedoman bagi umat muslim.

Selain itu Imam Syafii juga seorang sastrawan dan penyair. Telah banyak karyanya yang dijadikan buku.

Setiap syair-syair atau kata-kata Imam syafii selalu mempunyai makna bijak yang bisa menjadi pedoman.

Bukan hanya itu, kata-kata Imam Syafii yang telah dirangkum arahkata.com dari berbagai sumber, juga mempunyai makna kebaikan yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga: Hari Perempuan Internasional, 7 Wanita Indonesia Ini Patut Jadi Panutan

Menuntut ilmu bukan hal yang mudah, seiring dengan proses tersebut selalu ada ujian dan rintangan yang akan dihadapi. Imam Syafii pun memberikan petuahnya bagi orang-orang yang menuntut ilmu.

Dalam kitab Tadzkirotus Saami wal Mutakallim fi Adabil Alim wal Mutakallim karya Imam Badruddin Ibnu Jamaah Al-Kinani As-Syafii dijelaskan nasihat-nasihat Imam Syafii.

Imam Syafii berkata bahwa tidaklah seseorang menimba ilmu dengan kekuasaan dan kemuliaan jiwa yang dimiliki lalu bisa beruntung.

Untuk mencatatkan berbagai ilmunya, beliau menuliskannya di tulang-tulang besar dan mengumpulkan kertas bekas, karena harga kertas yang mahal pada saat itu.

Halaman:

Editor: Mohammad Irawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah