Dinosaurus Masuk Hutan Gunung Lawu di Magetan

- 16 Desember 2020, 21:59 WIB
/

ARAHKATA - Binatang purbakala, Dinosaurus, belum lama ini terpantau di areal hutan Mojosemi, tepat di atas obyek wisata Telaga Sarangan, Magetan, Jawa Timur. Penampakan binatang prasejarah ukuran raksasa, yang ilmuwan memperkirakan pernah hidup 230 juta tahun silam itu, menggegerkan masyarakat setempat maupun publik pengguna jalan.

Momentum 'tak mungkin terjadi' itu tidak disia siakan para jurnalis, khususnya media digital, untuk bertandang berebut membuat laporan. Para jurnalis pun seakan beradu kontes, menulis narasi se cakep mungkin, agar medianya disesaki viewers atau pembacanya.

Meski jurnalis telah sadar, yang sejatinya sedang diliput bukan binatang vertebrata asli sebagaimana teropinikan, namun tak sedikit yang nekat memberitakan penampakan sang Dinosaurus tersebut.

Baca Juga: KPK Harus Kejar Aset Tindak Pidana Korupsi di Luar Negeri

Dengan gaya berjurnalistik kekinian, trik news teaser media massa itu sanggup 'memaksa' keingin tahuan pembacanya, untuk tetap berdiam pada 'channel' nya.

News teaser merupakan bentuk dan bagian dari teknik propaganda, yang proyeksinya memang untuk menggoda pembaca. Umumnya, 'godaan' itu dilakukan dengan penonjolan judul, yang sengaja ditujukan untuk 'mencuri perhatian pembaca'.

Hal itu tak jauh beda dengan clip, sebagai cuplikan sebuah sinopsis kisah drama audio visual. Itu pun juga berperan sebagai 'penggoda' calon pemirsa.

Baca Juga: Stasiun Jatinegara Baru Resmi Beroperasi 16 Desember 2020, Simak Kelebihannya !

Teknik komunikasi publik yang lain, yang mirip dengan maksud dia atas, yang juga dimaksudkan guna 'memperdayai' publik adalah trailer. Istilah tersebut, yang intinya juga cuplikan terbagus, cenderung dipergunakan dalam dunia perfilman layar lebar.

Halaman:

Editor: Ahmad Ahyar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah