Hujan Nonstop, Kemang Raya Bak Sungai

- 20 Februari 2021, 13:43 WIB
Banjir di Jalan Kemang Raya, Jaksel,  Sabtu (20/2).
Banjir di Jalan Kemang Raya, Jaksel, Sabtu (20/2). /

ARAHKATA - Lagi-lagi hujan deras mengguyur Jakarta dan sekitarnya nyaris tanpa jeda sejak Jumat (19/2) malam hingga Sabtu (20/2) pagi. Alhasil, sejumlah wilayah pun lagi-lagi diserbu banjir.

Wilayah Kemang dan Bangka di Jakarta Selatan (Jaksel) salah satu yang sangat parah diserang banjir. Ketinggian air di Jalan Kemang Raya mencapai 1,5 meter bak sungai.

Banyak mobil yang tak sempat dievakuasi pemiliknya dan akhirnya terendam banjir. Sejumlah perahu karet tampak bersiaga mengevakuasi warga.

Begitu juga di kawasan Bangka, air mulai masuk ke dalam rumah sejak pukul 02.30 WIB dini hari tadi. Listrik pun sudah padam sejak pukul 04.00 WIB pagi tadi.

Warga setempat menyebut banjir kali ini merupakan luapan air bah terbesar, memecahkan rekor ketinggian banjir di awal Januari 2020 lalu. Selain hujan, warga menyebut banjir terjadi akibat luapan air dari Kali Krukut.

Luapan Kali Mampang juga terjadi di Jalan Pondok Jaya, Mampang Prapatan, Jaksel dan menyebabkan akses jalan dari Jalan Mampang IV menuju Pondok Jaya ke arah Kemang tertutup.

Air berarus deras meluap dari Kali Mampang masuk ke Jalan Pondok Jaya hingga menggenangi pemukiman warga di wilayah Pondok Jaya dengan ketinggian air mencapai dua meter.

Menurut warga yang tinggal di bantaran Kali Mampang, air sudah naik dari pukul 01.00 WIB. Banjir kali ini terlihat cukup parah, karena sudah meluap sampai jembatan Pondok Jaya, padahal biasanya tidak sampai melebihi jembatan.

"Iya ini saya lagi mau ngungsi, kulkas  ama TV mau hanyut semalem," ujar Prayitno, seorang warga yang rumahnya kebanjiran hingga setinggi perut orang dewasa.

Berdasarkan postingan di akun milik @jktinfo, sejak malam atau pagi dini hari, sejumlah pemukiman warga yang terendam banjir di wilayah Jakarta Timur seperti di Jalan Karya Jaya, Susukan, Ciracas, Pangkalan Jati II, Cipinang Melayu, Cipinang Bali, Pangkalan Jati Kalimalang, Jalan Generas II, Kampung Tengah, Kramat Jati, Jalan Dukuh II, Kramat Jati, Jalan Haji Amsir Cipinang Melayu, Jalan Dato Tonggara Kramat Jati

Untuk wilayah Jakarta Selatan wilayah Ulujami, Mampang Prapatan, Kramat Pela, Jatipadang, Pasar Minggu, Buncit, Gandaria City Jalan Tebet Raya, Kampung Betawi Setu Babakan, Jalan Pangeran Antasari, Jalan Kalibata Selatan, Batu Ampar,

Halaman:

Editor: Ahmad Ahyar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x