Mentan RI Optimalkan Pemenuhan Pangan di Kabupaten Bekasi

- 25 Juli 2021, 11:51 WIB
Pemberian bantuan alsintan berupa Combaire Harvester kepada petani dari Kementerian Pertanian diberikan langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Bekasi, Dani Ramdan
Pemberian bantuan alsintan berupa Combaire Harvester kepada petani dari Kementerian Pertanian diberikan langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Bekasi, Dani Ramdan /Instagram/@pemkabbekasi

ARAHKATA - Dalam acara panen raya Kementerian Pertanian (Kementan) memberikan bantuan untuk petani Kabupaten Bekasi senilai 3,2 Miliyar Rupiah.

Tidak hanya itu, Kementan juga memberikan bantuan alsintan berupa Combaire Harvester sebanyak 3 unit, dan bantuan benih padi senilai 1,9 Miliyar Rupiah.

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo mengatakan pihaknya telah secara optimal melakukan upaya pemenuhan pangan terlebih di masa pandemi COVID- 19 saat ini dengan berbagai cara yakni diantaranya.

Baca Juga: Bupati Bekasi Panen Raya Bareng Mentan RI di Kecamatan Sukatani

Dengan melakukan peningkatan produksi ia lakukan dan berupaya untuk memvalidasinya di lapangan, mulai dari percepatan musim tanam-II, pemberian bantuan kepada petani, penyerapan gabah secara maksimal, hingga penanganan pasca panen.

"Upaya ini juga dalam rangka menjabarkan perintah Bapak Presiden untuk semua Menteri tidak hanya menerima laporan dan mendapatkan data, tetapi harus dilapangan untuk validasi data pangan yang ada, khususnya data padi kita” ucapnya pada, 24 Juli 2021.

Dirinya juga memastikan dengan adanya panen raya dan percepatan tanam di berbagai wilayah, ia yakin kebutuhan beras masyarakat mampu dipenuhi dari produksi dalam negeri meski di tengah pembatasan akibat pandemi.

Baca Juga: 40+ Nama Keren Free Fire Terbaik

Dengan adanya potensi panen diberbagai daerah, pihaknya bersama dengan Bulog dan Pemerintah Daerah akan berupaya maksimal menyerap gabah petani.

"Saya yakin pangan kita aman, kita ada perhitungan yang jelas kapan masa panen dan masa tanam, daerah mana saja, dan kita lakukan akselerasi, percepatan bersama pemerintah daerah, cadangan beras juga cukup banyak baik yang ada di pengendalian langsung Bulog, penggilingan dan penanganan pemerintah daerah” tandasnya.

Halaman:

Editor: Tia Martiana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x