Meningkaktkan Skill dan Kompetensi di Masa Pandemi COVID-19

- 10 Agustus 2021, 12:26 WIB
Ilustrasi bekerja dari rumah.
Ilustrasi bekerja dari rumah. /PIXABAY

ARAHKATA – Mempersiapkan diri untuk menghadapi persaingan global merupakan hal yang sangat penting. Generasi muda jelas membutuhkan skill dan kompetensi yang tidak lagi di level standar guna meningkatkan daya saing.

Ada banyak cara bisa dilakukan saat ini dengan dukungan pemerintah yang selalu berupaya untuk mempermudah masyarakat dalam meningkatkan kemampuan mereka.

Salah satunya dengan memberikan program Kartu Prakerja yang diharapan bisa meningkatkan kemampuan dan kompetensi generasi muda.

Baca Juga: PPKM Diperpanjang Mal Mulai Dibuka, Bioskop Gimana?

Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja, Denni Puspa Purbasari mengatakan, pemerintah terus berupaya meningkatkan kompetensi kerja dan kewirausahaan yang ditujukan ke beberapa kriteria.

Seperti untuk pencari kerja, pekerja/buruh yang terkena pemutusan hubungan kerja, dan/atau pekerja/buruh yang membutuhkan.

"Dengan mengikuti program Kartu Prakerja, para peserta bisa mendapatkan pembekalan kompetensi kerja dan/atau kewirausahaan (skilling), peningkatan kompetensi kerja dan/atau kewirausahaan (upskilling), atau alih kompetensi kerja (reskilling) bagi tenaga kerja di Indonesia," katanya pada Senin, 9 Agustus 2021.

Baca Juga: Pandemi COVID-19, Penduduk Jatim Turun Drastis hingga 50 Ribu Jiwa

Denni melanjutkan, program Kartu Prakerja yang telah berlangsung selama lebih dari satu tahun ini akan sangat bermanfaat bagi masyarakat.

Baik generasi muda yang baru mau masuk ke dunia kerja maupun mereka yang sudah bekerja tetapi terdampak pandemi COVID-19 seperti terkena pemutusan hubungan kerja (PHK).

Halaman:

Editor: Agnes Aflianto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah