Menkes Prioritaskan Vaksin Booster Bagi Lansia-Kelompok Rentan

- 12 Januari 2022, 11:03 WIB
kemenkes rI gencarkan pemakaian telemedicine dalam penanganan virus omicron
kemenkes rI gencarkan pemakaian telemedicine dalam penanganan virus omicron /

ARAHKATA - Pemerintah Indonesia akan memulai vaksinasi dosis ketiga atau booster yang dimulai hari ini Rabu, 12 Januari 2022.

Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin, mengatakan program vaksin booster ini akan diberikan kepada masyarakat dengan usia di atas 18 tahun.

Lebih lanjut, Menkes Budi mengatakan bahwa prioritas pada program ini akan diberikan kepada lanjut usia (lansia) dan kelompok rentan.

Baca Juga: Presiden Jokowi Ungkap Vaksin Booster Dimulai Besok

“Program vaksin booster ini akan dilakukan secara gratis untuk masyarakat Indonesia yang telah berusia 18 tahun ke atas dan sudah mendapatkan vaksinasi dosis lengkap atau dua kali suntik minimal enam bulan yang lalu,” ujarnya Selasa, 11 Januari 2022.

Ia juga mengatakan vaksin booster ini penting bagi seluruh masyarakat Indonesia, karena sebagai komitmen dari pemerintah untuk melindungi seluruh masyarakat dari ancaman COVID-19 dan termasuk varian-varian barunya.

Vaksinasi booster COVID-19 ini akan dilakukan di fasilitas pelayanan kesehatan milik pemerintah seperti Puskesmas, rumah sakit pemerintah maupun rumah sakit milik pemerintah daerah.

Baca Juga: BPOM Terbitkan Izin Darurat 5 Vaksin Booster, Apa Saja?

Kemudian Budi juga menjelaskan bahwa vaksin booster ini gratis.

“Dengan kondisi bahwa vaksin ini tetap diterima gratis di masyarakat yang disuntik dan jenis vaksinnya berbeda dengan vaksin program pemerintah,” tegasnya.

Halaman:

Editor: Tia Martiana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x