Akibat Konflik Rusia-Ukraina, Uni Eropa Siap Hadapi Perang dengan Lakukan Ini!

- 7 April 2022, 23:38 WIB
Ilustrasi bendera Uni Eropa. Uni Eropa menyebut bahwa mereka akan mendanai persenjataan bagi Ukraina agar negara tersebut bisa menghadapi Rusia.
Ilustrasi bendera Uni Eropa. Uni Eropa menyebut bahwa mereka akan mendanai persenjataan bagi Ukraina agar negara tersebut bisa menghadapi Rusia. /Reuters


ARAHKATA - Dunia tengah mengkhawatirkan konflik Rusia-Ukraina, Komisi Eropa meluncurkan 'operasi penimbunan' untuk meningkatkan pertahanannya terhadap serangan kimia, nuklir dan biologi.

Tujuan Uni Eropa (UE) melakukan penimbunan persenjataan adalah untuk meningkatkan persediaan peralatan pelindung, peralatan dekontaminasi, obat-obatan dan vaksin.

Dimana senjata tersebut dapat digunakan jika terjadi serangan kimia, nuklir atau biologi, kata Komisi Eropa.

Baca Juga: Mangaka Terkenal Jepang, Fujiko A Fujio Meninggal Dunia! Simak Perjalanannya

"Kami mengambil langkah nyata untuk meningkatkan kesiapsiagaan Eropa dalam menghadapi potensi ancaman," kata Komisaris Manajemen Krisis Janez Lenarcic, dilansir  Berita Harian Malaysia dikutip ARAHKATA, Kamis 7 April 2022.

Uni Eropa telah membangun pasokan strategis obat-obatan dan sumber daya lainnya untuk merawat pasien yang terpapar radiasi radioaktif, kimia atau biologis.

Stok pasokan yang dikenal sebagai rescEU dimaksudkan untuk mengobati atau melindungi dari ancaman kimia, biologi, radiologi, dan nuklir (CBRN) senilai 540,5 juta Euro (Rp8,47 triliun).

Baca Juga: Menteri Pertahanan Israel Telepon Presiden Palestina, Ada Apa?

Sebagai bagian dari strateginya, komisi juga mengembangkan cadangan dekontaminasi yang akan mencakup personel dan peralatan.

Halaman:

Editor: Wijaya Kusnaryanto

Sumber: berita harian malaysia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x